Sumber BMKG
Ba -
du, g Huja- Ri ° C
"Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kota Bandung"

OPSIH DAN SOSIALISASI PELAYANAN KEPENDUDUKAN KECAMATAN SUKASARI

Rabu, 05 Juni 2013, Sumber Dinas Komunikasi dan Informatika, dibaca: 5.731 kali

OPSIH DAN SOSIALISASI PELAYANAN KEPENDUDUKAN KECAMATAN SUKASARI

Wakil Walikota Bandung, Ayi Vivananda beserta warga dan jajaran kewilayahan Pemerintah Kota Bandung, aparatur kecamatan, dibantu Keluarga Besar Alumni SMPN 12 melakukan Kegiatan bersih-bersih secara gotong royong membersihkan lingkungan sekitar RW 04 Kelurahan Isola Kecamatan Sukasari, Selasa (04/06/2013).

Operasi bersih sekitar jalan Sersan Bajuri tersebut sebagai wujud konsistensi upaya memelihara dan meningkatkan Ketertiban Kebersihan dan Keindahan lingkungan, juga membangun kesadaran dan kepedulian kolektif masyarakat agar lebih perduli akan kebersihan lingkungannya, salah satunya menghimbau warga tidak membuang sampah sembarangan yang mengakibatkan selokan mampet yang dapat mengakibatkan banjir cileuncang pada musim hujan.

Setelah melakukan operasi bersih, Ayi berkunjung ke Balai Pertemuan RW.04 Kelurahan Sukajadi Kecamatan Sukasari untuk melakukan Sosialisasi perda no.8 tahun 2012 dan program e-KTP untuk para pengurus RT/RW se kecamatan sukasari tahun 2013.

Dalam sosialisasi penyelenggaraan administrasi kependudukan tersebut, Ayi didampingi Kepala Dinas Kependudukan Kota Bandung, Meivy Adha Krisnan dan Camat Sukasari, Ayi Sutarsa.

Ayi mengatakan peran RT dan RW di dalam kependudukan sangat penting karena RT dan RW tersebut merupakan unit pelayanan terdepan bagi warga masyarakat merupakan ujung tombak pemerintah, "sosialisasi ini diberikan pada RT dan RW karena yang paling tahu situasi penduduk sesungguhnya, bukan lurah, camat atau wakil walikota," ujarnya.

Diterangkan Meivy, "perda no.8 tahun 2012 merupakan perda kota bandung tentang penyelenggaraan administrasi kependudukan, akte kelahiran tidak lagi melalui pengadilan negeri tapi pengurusannya bisa dilakukan di Kota, sosialisasi ini juga sosialisasi e-KTP yang boleh di fotocopy."

Lebih lanjut dikatakan meivy dengan adanya perda ini, permohonan akte kelahiran ke kota bandung jauh lebih banyak secara otomatis, "hingga Mei 2013 mencapai 18.000 permohonan, bila dibandingkan sampai bulan Mei tahun yang lalu itu hanya 10.000, ini karena lebih mudah dan lebih murah," terangnya.

E-KTP banyak yang rusak, Meivy menjelaskan, "Karena memang bebannya yang tinggi, dari awal setiap kecamatan di pukul rata 2 unit alatnya jadi sekarang banyak yang rusak, bila e-KTP sekarang banyak yang rusak itu kualitasnya dari pusat kurang baik," jelasnya.

"Bila seperti kasus salah cetak di Ujung Berung dari 17.100 e-ktp hanya 100 yang benar sisanya di kembalikan, itu juga kesalahan pencetakan yang masih ranah pusat, terjadi kesalahan verifikasi misalnya pasirjati menjadi pasirendah," terangnya.

Dalam kesempatan itu ayi menginstruksikan aparatur kewilayahan (camat dan lurah) agar sering berkunjung dan menjalin komunikasi yang baik demi kelancaran penyelenggaraan pemerintahan, "Mulai detik ini camat dan lurah harus mau menemui warganya, jangan sampai ditanya warganya tidak hapal."

(www.bandung.go.id)

Sabtu, 25 Oktober 2014
11:14:26

Statistik Pengunjung
Online: 127
Total: 15.150.933

Kabar Bandung

  • Gedung Padepokan Seni Mayang Sunda dapat dipergunakan untuk latihan, diskusi, saresehan, work shop, pertunjukan, dll. terbuka untuk masyarakat luas.
  • Gedung Padepokan Seni Mayang Sunda pada tahun 2013, akan menyelenggarakan pertunjukan aneka seni budaya setiap Malam Minggu, ( 36 kali pertunjukan, 5 kali seminar pembinaan latihan seni tradisional ketuk tilu), bagi yang berminat dapat bergabung mengikuti latihan di Gedung Padepokan Seni Mayang Sunda.
  • Pelayanan Pengaduan Masyarakat Kota Bandung bisa melalui telepon (022) 423 4793 atau melalui email diskominfo@bandung.go.id
  • Pemerintah Kota Bandung bekerjasama dengan DKM Masjid Al-Ukhuwah, melaksanakan pembinaan Rohani untuk seluruh Karyawan dan Karyawati Pemkot Bandung, rutin dilaksanakan setiap hari Rabu mulai pukul 07.30 - 09.00 WIB.