5 Julukan Kota Bandung, Ini Sejarah dan Maknanya

Julukan Kota Bandung bukan sekadar kata-kata, tapi cerminan kekayaan sejarah, budaya, dan keindahan alamnya. Dibalik gemerlapnya kota megapolitan ini, terdapat jejak-jejak yang mengagumkan, mengingatkan kita akan warisan tak ternilai dari masa ke masa.

CJ-00231 Rabu, 12 Juni 2024 15:53
Ilustrasi - 5 Julukan Kota Bandung, Ini Sejarah dan Maknanya. (Bandung.go.id)
Ilustrasi - 5 Julukan Kota Bandung, Ini Sejarah dan Maknanya. (Bandung.go.id)

Bandung, sebuah kota megapolitan yang menjadi pusat pemerintahan, perdagangan, industri, budaya, dan pariwisata di Provinsi Jawa Barat, tak hanya terkenal dengan kebesarannya. Di balik gemerlapnya, terdapat 5 julukan Kota Bandung yang menggambarkan keunikan dan keindahannya.

5 Julukan Kota Bandung

1. Bandung Lautan Api

Sebuah julukan yang mengandung makna perjuangan dan pengorbanan. Lagu dan liriknya mengingatkan kita pada peristiwa heroik Bandung Lautan Api, ketika bangsa Indonesia bersatu melawan penjajah pada tanggal 24 Maret 1946. Sebuah kenangan yang takkan pernah pudar dari sejarah perjuangan kota ini.

2. Paris van Java

Julukan ini tak hanya sebuah sebutan, tetapi cerminan kejayaan mode dan fashion di Kota Bandung. Pada tahun 1920-an, saat pameran "Jaarbeurs" melanda kota ini, Bandung berubah menjadi pusat mode yang tak kalah bergengsi dengan Paris. Pakaian-pakaian modis dan tren terbaru mulai bermunculan, menjadikan Bandung sebagai pusat gaya yang sangat dihormati.

3. Kota Kembang

Julukan ini tak hanya sekadar istilah, tetapi pencerminan akan keindahan alam dan kekayaan budaya Kota Bandung. Diperoleh pada Kongres Perkumpulan Pengusaha Perkebunan Gula tahun 1896, julukan ini menggambarkan kecantikan kota ini seperti bunga yang mekar di pegunungan Hindia Belanda.

4. Kota Kuliner

Bandung tidak hanya memikat dengan mode dan kreativitasnya, tetapi juga dengan kelezatan kuliner tradisionalnya. Dari makanan tradisional hingga makanan ringan, Bandung menawarkan berbagai macam kuliner yang menggoda lidah. Tak heran jika kota ini menduduki peringkat 11 dalam kategori Kota dengan Masakan Tradisional Terbaik versi Tasteatlas Awards 2021.

5. Kota Kreatif

Bandung bukan hanya tentang perdagangan dan industri, tetapi juga tentang kreativitas. Kota ini diakui oleh UNESCO sebagai bagian dari Jaringan Kota Kreatif, berkat pertumbuhan industri kreatifnya yang pesat. Desain grafis, media digital, dan fashion menjadi tulang punggung ekonomi kota ini, sementara komunitas seperti Bandung Creative City Forum terus mengembangkan potensi kreatif warganya.

Julukan Kota Bandung bukan sekadar kata-kata, tetapi cerminan dari kekayaan sejarah, budaya, dan keindahan alamnya. Dibalik gemerlapnya kota megapolitan ini, terdapat jejak-jejak yang mengagumkan, mengingatkan kita akan warisan yang tak ternilai dari masa lalu. Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, Bandung tetap menjadi destinasi yang menarik untuk dijelajahi, mengungkap pesona dan keunikan yang tak terlupakan.