Aplikasi E-Selamat: Solusi Terkini untuk Menjamin Kesehatan Hewan Kurban Anda

Aplikasi e-selamat berguna untuk memeriksa kesehatan hewan kurban dan menyediakan informasi terkait hewan tersebut.

CJ-00194 Jumat, 14 Juni 2024 14:40
tampilan aplikasi e-selamat di playstore
tampilan aplikasi e-selamat di playstore

Menjelang Idul Adha, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, Jawa Barat, mengerahkan tim pemeriksa hewan kurban. Tim ini terdiri dari petugas DKPP, anggota PDHI (Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia) Jawa Barat, perwakilan dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Padjadjaran, serta mahasiswa dari Telkom University. Hewan ternak yang dinyatakan sehat dan layak untuk kurban akan diberi kalung sehat.
 

Kepala DKPP menjelaskan bahwa tim tersebut setiap hari melakukan pemeriksaan di 30 kecamatan. "Tugasnya adalah mengunjungi dan memeriksa hewan yang dijual. Data pemeriksaan dimasukkan ke dalam aplikasi e-selamat," katanya. Mahasiswa Telkom University membantu dalam menginput data ke aplikasi yang terintegrasi dengan e-selamat DKPP Kota Bandung," tambahnya.


Aplikasi e-selamat berguna untuk memeriksa kesehatan hewan kurban dan menyediakan informasi terkait hewan tersebut. Masyarakat dapat melakukan pemindaian QR Code pada kartu yang terpasang di kalung hewan kurban untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Pada kalung tersebut terdapat barcode. Warga yang ingin membeli hewan kurban bisa memindai barcode itu menggunakan aplikasi e-Selamat. Melalui aplikasi ini, berbagai informasi mengenai hewan ternak dapat dilihat.
 

Aplikasi ini dikembangkan dan dirilis pada tanggal 4 Juni 2022 dan tersedia di Google Play Store. Berikut adalah cara Menggunakan Aplikasi:
1. Buka aplikasi E-Selamat DKPP Kota Bandung
2. Pilih tombol UMUM
3. Arahkan kamera pada kartu di kalung hewan
4. Gambar hewan dan keterangan singkat akan muncul
5. Tekan tombol “Lihat Detail” untuk informasi lengkap
 

Pada menu Informasi detail, akan ditampilkan beberapa data meliputi:
- Nama Penjual
- Asal Hewan
- Jenis Hewan
- Umur Hewan
- Kondisi Badan
- Status
- SKKH (Surat Keterangan Kesehatan Hewan)
- Tanggal Pemeriksaan