Warga Beli Hewan Kurban Sehat dan Layak Makin Mudah dengan Aplikasi e-Selamat

Aplikasi e-selamat ini digunakan untuk memudahkan masyarakat juga memastikan bahwa hewan kurban tersebut sudah diperiksa dan sehat, masyarakat dapat memonitor kelayakan dan kesehatan hewan kurban langsung melalui gadget

CJ-00261 Jumat, 14 Juni 2024 14:40
Hewan Kurban yang telah dilabeli sehat dan terdapat barcode yang dapat dipindai melalui aplikasi e-Selamat
Hewan Kurban yang telah dilabeli sehat dan terdapat barcode yang dapat dipindai melalui aplikasi e-Selamat

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, telah menurunkan tim pemeriksa hewan kurban. Hewan kurban yang dinyatakan sehat dan layak untuk kurban akan dipasangi kalung sehat.

 

Pada kalung tersebut terdapat kode batang (barcode). Warga yang hendak membeli hewan kurban bisa memindai kode batang itu dengan aplikasi e-Selamat. Lewat aplikasi tersebut dapat dilihat berbagai informasi hewan kurban.

 

Aplikasi e-selamat ini digunakan untuk memudahkan masyarakat juga memastikan bahwa hewan kurban tersebut sudah diperiksa dan sehat, masyarakat dapat memonitor kelayakan dan kesehatan hewan kurban langsung melalui gadget.

 

Kemudahan itu dirasakan sejumlah warga yang akan membeli hewan kurban. Salah satunya diungkapkan Aditya Sidik (28) warga Kelurahan Cisaranten Wetan Kecamatan Cinambo.

 

Ia mengungkapkan aplikasi e-Selamat sangat membantunya dalam memilih hewan kurban. Sebagai yang awam akan kesehatan hewan ia mengaku memilih hewan kurban yang telah dilabeli kalung sehat.

 

"Alhamdulillah sangat membantu sekali dengan aplikasi ini. Kita yang awam jadi tahu mana hewan yang sehat mana yang enggak," ujarnya saat membeli hewan kurban di Jalan Soekarno Hatta Bandung.

 

Hal serupa juga diungkapkan Aan Hambali (56), warga Cinambo. Dengan adanya label sehat yang bisa dipindai dengan aplikasi e-Selamat, menyakinkan dia untuk membeli hewan kurban.

 

"Tadi saya mau beli domba untuk kurban, dibantu anak saya katanya bisa cek pakai aplikasi e-Selamat. Ini saya bisa lihat hewan mana yang sehat dan tentunya terjamin karena sudah dicek sama pemerintah," katanya.