Mengenal Tokoh Bandung dan Jawa Barat di 3 Museum Ini

Bandung begitu kaya akan sejarah, untuk mengabadikan dan memperkenalkan sejarah serta tokoh-tokoh penting yang pernah ada di Bandung dan Jawa Barat, terdapat tiga museum yang menyimpan berbagai cerita dan kisah inspiratif tentang mereka.

CJ-00024 Rabu, 10 Juli 2024 16:26
Salah satu sudut di Museum Hall of Fame Jawa Barat
Salah satu sudut di Museum Hall of Fame Jawa Barat

 

Bandung, ibu kota Jawa Barat, tidak hanya terkenal dengan keindahan alam dan kemajuan kotanya, tetapi juga memiliki sejarah yang panjang dan kaya.

Untuk mengabadikan dan memperkenalkan sejarah serta tokoh-tokoh penting yang pernah ada di Bandung dan Jawa Barat, terdapat tiga museum yang menyimpan berbagai cerita dan kisah inspiratif tentang mereka. Berikut ini adalah ulasan tentang tiga museum tersebut:

 

1. Mengenal Pemimpin Kota Bandung di Museum Kota Bandung

 

Kisah tentang Kota Bandung dan para pemimpinnya  tersimpan rapi di Museum Kota Bandung yang terletak di Jalan Aceh No.47 Kota Bandung.

Diresmikan pada tahun 2018, museum ini adalah satu-satunya tempat yang menceritakan secara komprehensif tentang Kota Bandung.

 

Pengunjung museum ini akan disuguhi gambar-gambar tokoh-tokoh penting di Kota Bandung, seperti para wali kota dan sejarawan.

 

Selain itu, terdapat kilasan sejarah mengenai awal mula berdirinya Kota dan Kabupaten Bandung, serta perkembangan seni, budaya, dan teknologi dari masa ke masa.


2. Kilasan Sejarah di Museum Monju Jawa Barat

 

Museum Monumen Perjuangan Jawa Barat, yang terletak di Jalan Dipatiukur Nomor 48, Kota Bandung, menyimpan kisah perjuangan rakyat Jawa Barat dari berbagai era.

 

Di museum ini, pengunjung dapat menemukan literasi tentang pejuang dari zaman kerajaan, pahlawan pendidikan, dan politikus asal Jawa Barat.

 

Museum ini juga menampilkan sejarah setiap kabupaten dan kota di Jawa Barat, foto-foto dan bangunan heritage, serta diorama yang menggambarkan peristiwa penting seperti masuknya bangsa Portugis ke Indonesia, peristiwa Bandung Lautan Api, dan perjanjian Linggarjati.

 

Di sini, terdapat pula peninggalan tokoh Jawa Barat seperti Raden Ayu Lasminingrat, Dewi Sartika, Inggit Garnasih hingga Ir. H. Djuanda, dan benda-benda dari zaman penjajahan.

 

3. Semangat dan Inspirasi di Museum Hall of Fame Jawa Barat

 

Museum Hall of Fame atau Panggung Inohong Jawa Barat merupakan tempat yang sempurna untuk menelusuri jejak tokoh-tokoh berpengaruh asal Jawa Barat.

Museum ini, yang diresmikan pada 27 Desember 2016, terletak di Gedung Dispusipda Jl. Kawaluyaan Indah IV No.1 Kota Bandung.

 

Museum ini menyuguhkan rangkuman sejarah kerajaan yang ada di Jawa Barat serta kisah para pahlawan sebelum kemerdekaan.

 

Selain itu, pengunjung dapat menemukan 350 wajah tokoh Jawa Barat, baik dalam bentuk foto maupun patung.

Tokoh-tokoh yang dipamerkan adalah mereka yang telah berjasa dan berpengaruh di berbagai bidang seperti pendidikan, seni, politik, kebudayaan, dan olahraga.

 

Mengunjungi ketiga museum ini tidak hanya memberikan pengalaman edukatif yang mendalam tetapi juga memperkaya wawasan kita tentang sejarah, perjuangan, dan tokoh-tokoh yang telah berkontribusi dalam membangun Bandung dan Jawa Barat.