80 Pimpinan SKPD Kota Bandung Ikuti Pelatihan Intranet, Internet dan Email

Sebanyak 80 pimpinan Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) <?xml:namespace prefix = st1 ns = "urn:schemas-microsoft-co

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:31
80 Pimpinan SKPD Kota Bandung Ikuti Pelatihan Intranet, Internet dan Email
80 Pimpinan SKPD Kota Bandung Ikuti Pelatihan Intranet, Internet dan Email

Sebanyak 80 pimpinan Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Kamis (3/08/06) mengikuti  pelatihan pemanfaatan intranet, internet dan e-mail di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), yang diselenggarakan Kantor Pengelola Data Elektronik (KPDE) Kota Bandung bekerjasama dengan UPI dan  PT. Telkom.

            Pelatihan dibuka resmi Sekretaris Daerah Kota Bandung, Dr. Edi Siswadi, MSi mewakili Walikota, di Gedung UPI Net Jl. Setiabudhi No. 229 Bandung. Dihadiri Asisten Pembantu Rektor Bidang Akademik, Dr. E. Aminudin Aziz, MA, General Manajer PT Telkom Unit Coorporate Customer 3 Jawa Barat-Banten, Ache, para pejabat public dan para camat sebagai peserta.

            Sekdakot, Dr. Edi Siswadi, MSi dalam sambutannya mengatakan,  sesuatu yang penting bagi kemajuan birokrasi, yaitu ketika Pemerintah Kota ingin mereform dan mendisain proses birokrasi yang bisa menciptakan kualitas unggulan. Antara lain sentuhan Information  Tecnology (IT). Hal tersebut bisa terimplemantasikan jika ada komitmen diantara pimpinan unit kerja.

            “Untuk Proses Elektronik Gaverment dalam kontek goverment to goverment, kita ingin bangun tahapan-tahapan supaya berbagai aplikasi bisa jalan,  dan bebagai layanan akses informasi tidak hanya dengan masyarakat, tapi antar unit kerja bisa cepat dan terkoneksi. Sehingga bisa memangkas birokrasi, waktu, biaya. Dan itu bisa efisien tenaga waktu dan fikiran” ujar Sekda.

            Dalam mengatisipasi masyarakat informasi, menurut Sekda, dibutuhkan  kecepatan dan kecanggihan teknologi, perubahan mainset dari perilaku aparatur itu sendiri dan tindakannya yang berbasis terhadap teknologi. Sekarang harus semakin melek ternologi kalau ingin mengalami kemajuan, baik di tingkat individual, institusional maupun maupun di tingkat komunitas. Karena tanpa teknologi dan efesiensi, birokrasi tak akan mengalmi kemajuan bahkan merugikan birokrasi sendiri maupun masyarakat.

            Karenanya, Sekda minta kepada para peserta untuk memanfaatkan  pelatihan dengan sebaik-baiknya, minimal dapat menguasai pondasinya. Sehingga pada suatu saat, dapat memulai bekerja dengan memanfaatkan teknologi. “Tidak harus bekerja itu di kantor. Di luar kantor, bahkan di luar kota. Semuanya terkendali. Sementara banyak hujatan  kepada beberapa pejabat tara ngantor, tara aya di tempat. Ngak apa-apa, yang penting standar output maksimal. Karena itu menunjukan mobilitas” ujarnya pula.

            Kepala KPDE KotaBandung, H. Dedi Suhanda , SE, MSi dalam laporannya mengatakan, pelatihan dimaksudkan untuk memberikan bimbingan tekni tentang pemanfaatan dan penggunaan intranet, internet dan e-mail. Dengan tujuan memberikan bekal keterampilan bagi impinan SKPD untuk dapat mengakses data dan informasi, mengatahui dan memberikan informasi yang akan disampaikan kepada masyarakat, melalui website secara akurat dan up to date. Berkomunikasi meggunakan e-mail dengan masyarakat pada umumnya dan seluruh SKPD di lingkungan Pemkot pada  khususnya.

            Selanjutnya dilaporkan Dedi, Bandung.go.id merupakan salah satu situs resmi milik Pemkot, yang pengeloaannya dilaksanakan KPDE, dan operasional website www.bandung.go.id menggunakan internet service provider (ISP) pada PT. Zantara Lintas Informasi.

Saat ini, menurut Dedi, sudah tersedia 45 titik sambungan ke jaringan internet yang dapat terhubung dan dimanfaatkan oleh 42 SKPD dan 3 ruangan  yaitu, Ruang Tengah Balaikota, Ruang Sidang DPRD dan Ruang Serba Guna Lantai III dari 84 titik sambung ke jaringan internet yang direncanakan akan dibangun untuk seluruh SKPD di lingkungan Pemkot