PENGHIJAUAN CIKUTRA

  Pemerintah Kota Bandung dan Kodam III Siliwangi, Selasa (15/12) di lapang sepakbola Koramil Kecamatan Cibeunying Kidul menanam berbagai pohon yang terdiri da

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:36
PENGHIJAUAN CIKUTRA
PENGHIJAUAN CIKUTRA

 

Pemerintah Kota Bandung dan Kodam III Siliwangi, Selasa (15/12) di lapang sepakbola Koramil Kecamatan Cibeunying Kidul menanam berbagai pohon yang terdiri dari pohon produktif dan pelindung. Kegiatan tersebut dalam rangka bulan menanam Indonesia. Hadir dalam kegiatan tersebut, Wali Kota Bandung, Dada Rosada, pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Rasyid Qurnuen Aquary, Dandim 1618/BS Letkol inf. Asep Syaripudin, dan sejumlah pejabat publik Pemkot Bandung.

Menurut Dandim 1618/BS Letkol Inf., Asep Syaripudin, jumlah pohon yang ditanam hari itu sebanyak 2000 pohon.  "700 ditanam di lapang koramil dan sisanya disebar ke koramil-koramil yang ada di Bandung," ujarnya.

Lebih lanjut menurut Asep, kegiatan penghijauan tersebut juga merupakan salah satu upaya untuk ikut membantu program Pemerintah Kota Bandung bidang lingkungan hidup.

Sementara itu Wali Kota Bandung berharap kegiatan tersebut, dapat menambah semarak kegiatan penghijauan di Kota Bandung, guna menjadikan penanaman pohon sebagai bagian dari kebutuhan seluruh warga kota. "Saya pun merasa bersyukur gerakan penghijauan ini mendapat apresiasi dari seluruh kalangan, khususnya dari keluarga besar Kodam III Siliwangi, sehingga saya optimis tahun 2013 akan tertanam sejuta pohon," ujar Dada.

Dada pun menuturkan, dahulu Kota Bandung dikenal dengan Parisnya pulau Jawa, suara merdu burung berkicau di mana-mana, namum sekarang suara merdu burung tersebut hanya dapat didengar di beberapa tempat tertentu saja seperti pendopo dan sebagian taman-taman kota.

"Hal ini terjadi karena keseimbangan ekosistem terganggu, baik karena berkurangnya pepohonan sebagai tempat burung bercengkrama, maupun berkurangnya kaasan resapan air sebagai dampak dari tingginya pertumbuhan penduduk," ujarnya.

Jika hal itu dibiarkan menurut Dada, maka wajah Kota Bandung ke depan bisa dipastikan lebih buruk dibandingkan sekarang, serta mengurangi daya dukung lingkungan terhadap kehidupan manusia.

Senada dengan Wali Kota Bandung, Pangdam III Siliwangi pun, mengungkapkan jajarannya akan terus mendukung program Pemerintah Kota Bandung di bidang penghijauan, karena merupakan salah satu bentuk penyelamatan dunia.

"Pemeliharaan lingkungan tidak boleh berhenti meski jabatan telah berganti, penanaman pohon ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan harus tetap dilakukan oleh siapa pun termasuk jajaran TNI," ungkapnya. (www.bandung.go.id)