Ujian Seleksi CPNS Kota Bandung 1.25 Peserta Tidak Hadir dan Mengikuti Ujian

Peserta ujian seleksi Calon Penerimaan Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kota Bandung, dari 4.563 yang dinyatakan lolos seleksi administrasi, sebanyak 1.025  pese

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:37
Ujian Seleksi CPNS Kota Bandung 1.25 Peserta Tidak Hadir dan Mengikuti Ujian
Ujian Seleksi CPNS Kota Bandung 1.25 Peserta Tidak Hadir dan Mengikuti Ujian

Peserta ujian seleksi Calon Penerimaan Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kota Bandung, dari 4.563 yang dinyatakan lolos seleksi administrasi, sebanyak 1.025  peserta diantaranya tidak hadir mengikuti ujian yang diselenggarakan secara serentak disepuluh lokasi. Kesepuluh lokasi itu, yakni SD Banjarsari, SD Merdeka, SMP Negeri 2, SMP Negeri 5, SMP Negeri 7, SMA Negeri 3, SMA Negeri 5, SMA Negeri 20, SMK Negeri 1, dan SMK Negeri 2. Dilaksanakan dengan pengawalan ketat petugas.

"Meski peserta tidak hadir ikut ujian meningkat, naik 2,46 persen dibanding tahun sebelumnya. Tidak tidak drastis dan masih dalam batas rata-rata normal," ungkap Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Bandung, Hj Evi s Shaleha, diruang kerjanya di Balaikota Bandung, Jalan Wastukancana 2, Minggu (5/12).

Berdasarkan data, Evi menuturkan, dari sepuluh lokasi ujian, jumlah peserta terbanyak di SMK Negeri 5 Bandung sebanyak 350 orang peserta, yang tidak mengikuti ujian hanya 48 orang. Sementara untuk lokasi ujian dengan jumlah peserta terendah berada di SMP Negeri 2 Bandung, mencapai 175 orang dari jumlah seluruh peserta 559 orang. "Dari sepuluh lokasi ujian seleksi CPNS, total seluruh peserta yang hadir dan mengikuti ujian hari ini 3.538 orang," jelasnya.

Terhadap kenyataan ini, Evi sangat menyayangkan, padahal panitia membuat soal sesuai jumlah pelamar lolos seleksi administrasi sebanyak 4.563 orang. Kalau hanya iseng atau penasaran, menurutnya sebaiknya tidak usah melamar. "Ini penghamburan anggaran karena penerimaan CPNS masuk dalam APBD yang sumber dananya juga dari rakyat," kata Evi kesal.

Usai pelaksanaan ujian seleksi penerimaan CPNS, peserta dijelaskannya tinggal menunggu hasil yang diumumkan di media secara terbuka juga kepada peserta, 14 Desember mendatang. Dirinya mengingatkan, dimasa kritris  selama 2 minggu menunggu panggilan, peserta diminta waspada dan tidak terpengaruh kemungkinan munculnya orang menawarkan jasa, memberikan janji dan harapan dengan meminta imbalan uang. Evi pun mengingatkan agar peserta menyimpan baik-baik, kartu tanda peserta sebagai bukti mengikui ujian seleksi.

Sesuai kuota penerimaan CPNS Kota Bandung, 207 peserta yang dinyatakan lulus ujian seleksi, dijelaskan Evi, nantinya akan ditempatkan di 207 formasi. Terbagi dalam 3 bidang, yaitu 66 untuk untuk guru SD, SMP dan SMA/SMK, 57 untuk tenaga kesehatan dan 84 untuk tenaga teknis.

Terhadap pelaksanan ujian seleksi, ditempat terpisah Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung H Edi Siswadi menyatakan, ujian seleksi penerimaan CPNS Pemkot Bandung menjamin transparan, bersih baik dari sisi sistem juga dari upaya-upaya haram panitia meluluskan atau meloloskan peserta. Jika ada oknum, siapapun itu apakah masyarakat atau ada pegawai dilingkungan pemkot, jika menjadi menjadi calo, joki seleksi, akan sangat beresiko. Terlebih memberikan janji atau harapan apalagi sambil memungut uang.

Edi menegaskan, tidak ada sebuah mekanisme tersturktur apalagi perintah pimpinan untuk mencari, mengais keuntungan dengan cara-cara haram. Jika ditemukan ada bukti dan tertangkap tangan, diakatakannya ada mekanismenya. Jika masyarakat laporkan pada yang berwajib. "Bagi oknum aparat atau panitia yang berbuat curang, sanksi berat pasti menunggu dari Wali Kota. Tidak mustahil diturunkan pangkatnya, dipecat dari jabatan sampai mungkin sanksi yang terberat, dikeluarkan atau dipecat sebagai pegawai," tegasnya.

(www.bandung.go.id)