Wali Kota Bandung, H dada Rosada Serahkan 1.000 Paket Perlengkapan Sekolah Program CSR Bank BJB

Tigapuluhtiga sekolah dasar (SD) dan 10 sekolah menengah pertama (SMP) Kota Bandung, menerima dana bantuan program corporate social responsibility (CSR) Bank Ja

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:37
Wali Kota Bandung, H dada Rosada Serahkan 1.000 Paket Perlengkapan Sekolah Program CSR Bank BJB
Wali Kota Bandung, H dada Rosada Serahkan 1.000 Paket Perlengkapan Sekolah Program CSR Bank BJB

Tigapuluhtiga sekolah dasar (SD) dan 10 sekolah menengah pertama (SMP) Kota Bandung, menerima dana bantuan program corporate social responsibility (CSR) Bank Jabar Banten (BJB) berupa 1.000 paket perlengkapan sekolah. Diserahkan Wali Kota Bandung, H Dada Rosada di SMP Negeri 51 Bandung, Jalan Terusan Derwati, Senin (20/12).

Program CSR merupakan kepedulian dunia usaha terhadap lingkungannya, yang secara substantif diarahkan untuk meningkatkan kemampuan sosial ekonomi masyarakat. "Kota Bandung di 2010, mendapat bantuan dana CSR dari Bank BJB senilai Rp 800 juta, meningkat dari tahun sebelumnya Rp 700 juta. Selain untuk pendidikan, kita manfaatkan juga untuk perbaikan rumah kumuh warga kurang mampu dan perbaikan lingkungan kirmir saluran terbuka," tutur Dada.  

Pendidikan menurutnya memegang peran strategis mencetak figur-figur SDM berkualitas dan berkarakter. Bagi Kota Bandung, tidak ada pilihan kecuali dengan membuka kemudahan akses pendidikan bagi semua warga tanpa kecuali. Alasan yang mendasari, mengapa Kota Bandung selalu meningkatkan anggaran pendidikan. "Tahun ini anggaran pendidikan mencapai Rp 1,15 triliun, meningkat 4,5 persen dari sebelumnya Rp 1,1 triliundi 2009. Sebagian dialokasikan untuk bawaku sekolah dan sekolah gratis untuk seluruh SD dan SMP, 24 SMA dan 23 SMK," jelasnya.

Meski dukungan pembiayaan APBD kota terus meningkat, namun untuk mampu memenuhi kebutuhan sekolah secara maksimal, diakuinya masih jauh. Peran masyarakat dan dunia usaha sangat diharapkan. "Saya bangga, Bank BJB tetap konsisten dengan program CSR nya yang secara nyata berdampak positif terhadap pembangunan kota Bandung. Program CSR Bank BJB, tidak saja semakin menguatkan ikatan batin dengan masyarakat,  menjadikannya bagian integral dari komunitas Kota Bandung,".

Semangat kebersamaan membangun pendidikan, kata Dada, bukan sekedar merealisasikan amanat Undang Undang, tetapi juga realitas sosial yang menghendaki keterlibatan semua pihak secara sinergis. "Program CSR Bank BJB tidak saja membantu siswa yang membutuhkan, secara politis juga akan mengingatkan perusahaan-peerusahaan lainnya membantu pemerintah mewujudkan pendidikan berkualitas.   

Pimpinan divisi corporate secretary Bank BJB, Tato Susanto mengatakan, Dana CSR di 2010 yang disalurkan untuk Propinsi Jabar mencapai Rp 47,2 milyar. Pemkot Bandung mendapat alokasi Rp 869 juta yang dipergunakan pengadaan 1.000 paket perlengkapan sekolah siswa kurang mampu, perbaikan 40 rumah tidak layak huni serta perbaikan 34 MCK yang tersebar di 15 kecamatan.

Ketua Keluarga Mahasiswa Bandung (KMB), Andri Gunawan selaku panitia kegiatan menyebutkan, dana CSR yang disalurkan dalam bentuk bantuan paket perlengkapan sekolah terserap Rp 380 juta. Tersebar pada sekolah di 5 kecamatan, yaitu Rancasari, Ujungberung, Cibiru, Mandalajati dan Panyileukan. Tiap kecamatan menerima sedikitnya 150 paket. "Kita berharap. "Kita berharap lembaga-lembaga usaha lainnya yang beraktivitas di Kota Bandung juga termotivasi, peduli terhadap lingkungan sosialnya. Bagaimana memberdayakan masyarakat, dan jangan hanya berpikir bagaimana mearaih keuntungan untuk kepentingannya sendiri".

(www.bandung.go.id)