Penghargaan Wahana Tata Nugraha

  Wali Kota Bandung Dada Rosada, menerima Piala Wahana Tata Nugraha 2011 kategori angkutan untuk Kota Metropolitan. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Perhub

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:37
Penghargaan Wahana Tata Nugraha
Penghargaan Wahana Tata Nugraha

Wahana Tata Nugraha

 

Wali Kota Bandung Dada Rosada, menerima Piala Wahana Tata Nugraha 2011 kategori angkutan untuk Kota Metropolitan. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Perhubungan Freddy Numberi. Pada acara penyerahan penghargaan Wahana Tata Nugraha dan Bus Bantuan, di Kantor Kementerian Perhubungan, Jalan Merdeka Barat No 8, Jakarta, Rabu (20/7).

 

Penghargaan ini, merupakan yang kedua kali dan berturut turut untuk kategori angkutan, setelah tahun sebelumnya, tahun 2010 Pemerintah Kota Bandung juga menerima penghargaan serupa. Selain Kota Bandung, 2 kota metropolitan lainnya juga menerima penghargaan serupa, yaitu Kota Palembang dan Kota Semarang.

 

Wali Kota Bandung Dada Rosada, mengucapkan terima kasih atas diterimanya penghargaan yang kedua kalinya secara berturut-turut tersebut. "Kita ucapkan terima kasih, kepada warga Kota Bandung dan para pelaku angkutan yang telah berlaku sesuai aturan, sehingga kita secara berturut-turut meraih penghargaan ini", ujar Dada setelah menerima penghargaan.

 

Penghargaan tersebut dapat diraih, menurut Dada karena Pemkot Bandung secara konsisten dalam mengelola transportasi massal di Kota Bandung. "Semoga penghargaan ini menjadi pendorong bagi pemerintah, warga dan pelaku angkutan untuk dapat melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya," jelasnya.

 

Dada juga menjelaskan, harapannya agar bantuan bus sekolah dan bus massal untuk angkutan umum dari kementerian perhubungan dapat cepat terealisasi. Karena Kota Bandung makin lama makin macet apabila tidak dipersiapkan angkutan massalnya maka akan menimbulkan kesulitan.

 

"Apabila transportasi massal ini tidak kita persiapkan, kemungkinan besar Bandung akan mengalami kemacetan yang luar biasa, dan nantinya kemungkinan wisatawan tidak mau datang ke Bandung," ujar Dada.

 

Dada pun menuturkan, Pemkot Bandung telah menyiapkan konsep mengenai angkutan masal, dan yang paling dekat adalah dengan menyiapkan shelter-shelter untuk Trans Metro Bandung (TMB). "Selain menyiapkan shelter kita juga, sedang menunggu tambahan bus untuk TMB," ucapnya.

 

Senada dengan Wali Kota Bandung, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Prijo Soebiandono mengucapkan syukur atas diterimanya penghargaan secara berturut-turut.

 

"Saya bersyukur atas penghargaan ini, dan berharap bukan hanya kategori angkutan saja yang berhasil di raih, tetapi juga kategori lalu lintas," ujarnya.

 

Prijo Soebiandono juga menutukan, Bandung menerima Wahana Tata Nugraha karena telah berhasil membenahi angkutan umum. "Kita sekarang sudah jalankan TMB, bahkan shelter permanennya tengah kita bangun. Dan itu satu-satunya di Indonesia yang tidak menggunakan dana APBD maupun APBN," ujarnya.

 

Tahun ini, kata Prijo, pihaknya pun tengah mempersiapkan penambahan TMB koridor 2. Konsorsium sudah dibentuk, dan pihaknya akan terus mendorong pemerintah pusat memberi bantuan bus. "Sekarang kita mulai terus membenahi angkutan massal, sesuai amanat Undang-undang. Akan kita upayakan semuanya terintegritas dengan masterplan transportasi yang sudah ada," tandas Prijo seraya berharap Kota Bandung dapat lima kali mendapatkan piala tersebut agar bisa mendapatkan Piala Wahana Tata Nugraha Kencana. (www.bandung.go.id)

 

Wahana Tata Nugraha