WALI KOTA: PAMERAN BUKU TINGKATKAN MINAT BACA

Wali kota Bandung, Dada Rosada optimistis dengan adanya Pameran Buku Diskon 2011 yang digelar Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi), Universitas Padjadjaran, dan P

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:38
WALI KOTA: PAMERAN BUKU TINGKATKAN MINAT BACA
WALI KOTA: PAMERAN BUKU TINGKATKAN MINAT BACA

Wali kota Bandung, Dada Rosada optimistis dengan adanya Pameran Buku Diskon 2011 yang digelar Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi), Universitas Padjadjaran, dan Pemerintah Kota bisa meningkatkan minat baca pelajar juga masyarakat di kota tersebut.

"Kalau ditanya optimis, ya, harus optimis karena hidup harus diawali oleh optimis sedangkan hasil bukan kita yang menentukan, tetapi saya senang karena Pameran tahun ini bukan Ikapi dan Pemkot saja yang bekerjasama bahkan Unpad pun ikut membantu" kata Dada, di Bandung, Senin (31/10).

Ia mengatakan, minat baca di Kota Bandung khususnya pelajar menurun menjadi 40 persen dari total ribuan pelajar SMP-SMA yang ada di kota tersebut dan salah satu masalahnya ialah dengan adanya kemajuan teknologi (internet).


"Sekarang banyak pelajar yang beralih ke internet untuk mendapatkan informasi atau bahan pelajaran tetapi kalau itu terus terjadi juga tidak baik sehingga kami upayakan agar bagaimana internet dan buku bisa berjalan bersama atau bahkan buku melebihi internet seperti dulu lagi," jelasnya.

Selain itu, menurutnya, bisa jadi dengan kurangnya minat pelajar baca buku karena harga buku tersebut yang dinilai mahal, sehingga harapnnya dengan adanya Pameran Buku Diskon 2011 tersebut masyarakat bisa tertarik untuk membeli buku.

"Sebenarnya dengan warga datang hanya jalan-jalan saja ke Pameran ini sudah bagus, apalagi kalau datang terus membaca dilanjutkan membeli bukunya," kata Dada.

Ia menyebutkan, buku merupakan hal yang penting dalam kehidupan manusia karena buku adalah sumber ilmu yang bisa memajukan teknologi dan kesejahteraan masyarakat di berbagai kehidupan.

Ia telah meminta panitia untuk mencatat berapa warga yang datang membaca, berapa warga yang datang membaca terus membeli dan berapa warga yang hanya datang dan jalan-jalan saja.

"Saya sudah meminta panitia Pameran Buku Diskon 2011 ini untuk mencatat berapa warga yang masuk pada kriteria tersebut tetapi seperti yang tadi saya bilang warga hanya datang dan jalan-jalan saja sudah bagus," ujar Dada.

Menurutnya, usai pameran tersebut, pihak Pemkot bersama Unpad dan Ikapi akan melakukan evaluasi apakah ada peningkatan pengunjung yang berindikasi pada meningkatnya minat baca.

"Kita akan evaluasi kerjasama ini dan rencananya akan dilakukan empat tahun kedepan, harapannya bisa mewujudkan visi `Bandung Gemar Membaca`," kata Dada. (www.bandung.go.id)