IKAPI-UNPAD GELAR PESTA BUKU DISKON 2011

Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Jawa Barat bekerja sama dengan Unpad menggelar ajang "Pesta Buku Diskon 2011" di Grha Sanusia Hardjadinata, Universitas Padja

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:38
IKAPI-UNPAD GELAR PESTA BUKU DISKON 2011
IKAPI-UNPAD GELAR PESTA BUKU DISKON 2011

Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Jawa Barat bekerja sama dengan Unpad menggelar ajang "Pesta Buku Diskon 2011" di Grha Sanusia Hardjadinata, Universitas Padjadjaran (Unpad), yang diikuti sebanyak 55 perusahana yang bergerak di bidang penerbitan buku.

"Kegiatan ini merupakan upaya kami mendekatkan buku pada para pembacanya. Pesta buku diskon ini merupakan kali kedua dilaksanakan," kata Ketua Ikapi Jawa Barat Anwarudin di sela kegiatan, Senin (31/10).

Pesta Buku Diskon kali ini juga termasuk ke dalam rangkaian dari pelaksanaan Dies ke-60 Unpad, sesuai dengan keinginan Rektor Unpad, Ganjar Kurnia, yang menginginkan Ikapi turut serta dalam memeriahkan Dies Unpad.

Mempertimbangkan kondisi pesta buku kali ini tema yang diangkat yakni "Buku Hebat Harga Hemat".
Menurut Ketua Panitia, Gun Gun Waldi Gumilar, tema ini sejalan dengan keinginan bersama untuk menyuguhkan buku yang bermutu, baik konten maupun bentuk fisiknya, namun dengan harga yang terjangkau.

"Harga terjangkau berlaku untuk berbagai lapisan masyarakat, terutama bagi kalangan pelajar dan mahasiswa," kata Gun Gun.

Beragam jenis buku dipamerkan sejumlah penerbit dengan harga yang cukup miring, berkisar antara Rp 10.000,00 hingga Rp 50.000,00. Diskon yang ditawarkan pun variatif, mulai dari 20 hingga 70 persen.

Mulai dari buku pelajaran, novel, fiksi, buku cerita anak, majalah, hingga buku resep tersedia dalam pameran buku ini.

Selain pameran buku, serangkaian kegiatan bersifat edukatif juga turut digelar.

Ada sejumlah seminar, pemberian anugerah dan penghargaan pada insan perbukuan yang telah berkontribusi terhadap masyarakat Jawa Barat, kegiatan temu pengaran dan pameran fiksi mini oleh Rektor Unpad Ganjar Kurnia, lomba membaca puisi, dan Talkshow tentang program Bidik Misi "Bagaimana Siswa dapat Kuliah Gratis di Unpad".

"Di samping itu, perhelatan ini bisa dipastikan akan menjadi sarana yang baik dan efektif bagi para penerbit buku untuk melakukan promosi dan penjualan karena pesta buku ini sangat mengundang minat para pegiat dan pecinta buku," lanjut Gun Gun.

Rosyani, seorang pengunjung, mengaku antusias dengan terselenggaranya pameran buku ini.
"Sudah sejak jauh hari berencana datang ke sini. Banyak buku yang akan saya cari dan borong," kata siswa salah satu SMA Negeri di Bandung ini.

Selain Rosyani, ada pula Ilham, siswa kelas 3 SMA, "Saya datang kesini tertarik untuk mengikuti seminar tentang program Bidik Misi dan program beasiswa lainnya," katanya.

Sejumlah seminar dan talkshow akan terus berlangsung hingga Jumat (4/11). Selasa (1/11) akan diselenggarakan Talkshow tentang "Upaya Menumbuhkembangkan Minat Baca di Kalangan Masyarakat Kota Bandung" pukul 09.00 WIB, dan Workshop mini tentang "Langkah Jitu Penerbitan Buku" pada pukul 13.00 WIB.

Selain itu, akan ada pula Parade Akustik antar SMA se-Kota Bandung mulai 13.00 hingga 18.00 WIB di lokasi yang sama, Grha Sanusi Hardjadinata, Kampus Unpad, Bandung. (www.bandung.go.id)