Tamu Johor Malaysia

Diiringi lantunan musik keroncong yang mendayu, Wakil Walikota Bandung, Ayi Vivananda menerima tamu Pemerintah Batu Pahat Johor Malaysia, dan Aziz Talib, pimpin

Sysadmin Saturday, 13 August 2016 09:38
Tamu Johor Malaysia
Tamu Johor Malaysia

Diiringi lantunan musik keroncong yang mendayu, Wakil Walikota Bandung, Ayi Vivananda menerima tamu Pemerintah Batu Pahat Johor Malaysia, dan Aziz Talib, pimpinan orkes keroncong The Temasek dari Singapura, di kediamannya Jl. Nyland No.13, Sabtu (3/12).

Dikatakan Wakil Walikota Batu Pahat Johor, J Shafie Bin Ahmad, kedatangannya dalam rangka mempererat tali silaturahmi khususnya di bidang kesenian, "kedatangan kami ke indonesia selain mempererat silaturahmi dua negara juga saling mempelajari kesenian," katanya.

Ayi menyambut baik kedatangan tamu tersebut, "kedatangannya ke kota Bandung selain berwisata, ada beberapa hal yang dibicarakan yang prinsipnya mereka ingin mengembangkan musik keroncong di Malaysia," katanya.

Selain saling bertukar cendera mata, kegiatan silaturahmi tersebut ditandai penyerahan seperangkat alat musik dari Edi Valentino pelatih keroncong asal Indonesia yang mengajar di Malaysia kepada Komunitas Pecinta Musik Keroncong dan Karisma Keroncong Lita FM.

Dibalik keantusiasan tersebut Ayi merasa khawatir adaya alih budaya asli Indonesia, "Tadi juga ada bapak Aziz dari Singapura yang ingin mengajak pemain keroncong bermain disana, yang lebih menarik di Malaysia ada festifal lagu keroncong,mereka sering melakukan pelatihan-pelatihan dan pelatihnya pun dari Indonesia," katanya.

Lebih lanjut Ayi menuturkan, "Apabila diperhatikan mereka sangat fasih dan pandai menyanyikan lagu-lagu dari Indonesia, maka kita harus pastikan regenerasi musik keroncong berjalan dengan baik jangan sampai terjadi klaim dari negara manapun, apabila di negara lain pelatihannya sangat bagus sedangkan kita hanya di mainkan orang tua saja, pada suatu waktu akan muncul penyanyi keroncong bukan dari Indonesia tapi dari Malaysia" pungkasnya.

(www.bandung.go.id)