Satpol PP Bandung Terus Tertibkan Pedagang Bermobil

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung terus mengupayakan untuk menertibkan pedagang bermobil yang berjualan di badan jalan, kata Kepala Satpol PP

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:38
Satpol PP Bandung  Terus  Tertibkan Pedagang Bermobil
Satpol PP Bandung Terus Tertibkan Pedagang Bermobil

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung terus mengupayakan untuk menertibkan pedagang bermobil yang berjualan di badan jalan, kata Kepala Satpol PP Kota tersebut, Ferdi Ligaswara, di Bandung, Selasa (13/12).

Kepada wartawan, Ferdi menjelaskan, penertiban pedagang bermobil atau pedagang kaki lima (PKL) telah, sedang dan akan terus dilakukan.

"Kita telah beberapa kali menertibkan pedagang bermobil bersama Dinas Perhubungan dan pihak Kepolisian karena memang jalan bukan untuk berjualan," kata Ferdi.

Ia mengatakan, mulai maraknya pedagang bermobil salah satu penyebab pula terjadinya kemacetan terlebih pedagang-pedagang tersebut selalu ada di tempat keramaian.

"Mereka kan mobile atau berpindah-pindah, jadi selalu mencari tempat yang ramai sama halnya dengan PKL umumnya sehingga itu membuat kemacetan," katanya.

Karena itu, dikatakan Ferdi, bila pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Dishub dan unsur Kepolisian.

"Kita akan tindak tegas pedagang-pedagang tersebut bila setelah ditegur tidak didengar dan terus berulang-ulang maka kita gusur mobilnya," kata Ferdi.

Menurutnya, beberapa hari kemarin pihaknya telah menggusur mobil pedagang yang berjualan di badan jalan.

"Kita Kamis lalu sudah menggusur tiga mobil dan sebelumnya kita sudah menegur pedagang agar tidak berjualan di badan jalan lagi," ujarnya.

Ferdi mengakui, Pemerintah Kota Bandung tidak melarang masyarakat untuk mencari nafkah, namun sebaiknya sebagai warga negara yang baik harusnya mematuhi aturan dan dalam hal itu ialah lalu lintas.

"Kita tahu belakangan marak pedagang bermobil atau PKL mungkin karena melihat ada peluang dan melihat banyaknya keramaian di Kota Bandung," kata Ferdi.

Meski telah menindak tegas para pedagang bermobil, Ferdi mengakui hal itu belum optimal dalam capaian hasilnya karena dilapangan pedagang bermobil masih banyak.

"Karena itu, kita terus tingkatkan koordinasi dengan Dishub dan Polisi bahkan kita juga telah berkordinasi dengan TNI dan ini memang masih proses sehingga kedepan kita akan terus upayakan pengoptimalan penertiban pedagang bermobil ataupun PKL," ujar Ferdi.(www.bandung.go.id)