Pemkot Bandung Resmikan Program "Bandung Green Schools"

Pemerintah Kota Bandung mencanangkan "Bandung Green Schools" sebagai upaya penghijauan di setiap sekolah yang ada di kota tersebut ditandai dengan penanaman p

Sysadmin Saturday, 13 August 2016 09:38
Pemkot  Bandung Resmikan Program  "Bandung Green Schools"
Pemkot Bandung Resmikan Program "Bandung Green Schools"

Pemerintah Kota Bandung mencanangkan "Bandung Green Schools" sebagai upaya penghijauan di setiap sekolah yang ada di kota tersebut ditandai dengan penanaman pohon secara massal.

"Sebelum ini dicanangkan, seluruh sekolah di Kota Bandung sudah melakukan penghijauan, hanya memang ada yang perlu ditingkatkan dan ada yang sudah bagus hasilnya," kata Wali Kota Bandung Dada Rosada di Bandung, Selasa.

Menurut dia, penghijauan di Kota Bandung sudah dimulai sejak setahun setelah ia menjadi Wali Kota Bandung, yakni tahun 2004 dan pada saat itu penghijauan dimulai dari sekolah serta masjid.

"Awalnya pun penghijauan ini di sekolah-sekolah, namun kemudian dilanjutkan ke pemukiman-pemukiman dan itu mulai dimatangkan pada tahun 2009 dimana pada saat itu kita bekerjasama dengan Uniliver juga media-media," ujar Dada.

Terkait penghijauan di sekolah pun, menurut dia tergantung pada kebijakan Kepala Sekolah, sehingga pihak Pemkot mewajibkan Kepsek untuk berkontribusi baik bagi penghijauan di sekolahnya.

"Sampai hari ini kebijakan mengangkat Kepsek yang cinta dan telah terbukti dalam menjaga lingkungan sekolah masih dilaksanakan dan kita akan pertahankan Kepsek yang salah satunya berprestasi di bidang lingkungan," kata Dada.

Menurutnya, meskipun Kepsek yang telah mengabdi selama delapan tahun (dua periode) kemudian dia dianggap berprestasi dalam lingkungan serta tidak ada penggantinya maka ia masih bisa dipilih kembali.

"Jadi, kenapa tidak bisa dipilih lagi? Kalau memang ia terbukti dalam penghijauan lingkungan serta memang tidak ada penggantinya," jelasnya.

Selain itu, ia mengatakan, upayanya tersebut, diharapkan bisa memenuhi ruang terbuka hijau yang telah ditetapkan Pemerintah Pusat sebesar 30 persen di setiap kota.

"Kali ini kita memang masih di bawah 15 persen, tetapi dengan upaya ini diharapkan bisa mencapai target 30 persen, dan sejak 2009 kita sudah menanam sekitar 1,2 juta pohon," ujar Dada.

Sementara itu, pencanangan "Bandung Green Schools" tersebut, dihadiri pula oleh Wakil Wali Kota Bandung, Ketua DPRD Kota Bandung, Sekertaris Kota Bandung beserta jajarannya dan perwakilan sekolah di kota tersebut.(www.bandung.go.id)