BAZZAR RAMADHAN 1434 H

Melonjaknya harga-harga bahan pokok kebutuhan masyarakat di hari-hari selama bulan Ramadhan serta menjelang hari raya Iedul Fitri ditambah kenaikan harga ВВМ

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:41
BAZZAR RAMADHAN 1434 H
BAZZAR RAMADHAN 1434 H

Melonjaknya harga-harga bahan pokok kebutuhan masyarakat di hari-hari selama bulan Ramadhan serta menjelang hari raya Iedul Fitri ditambah kenaikan harga ВВМ beberapa waktu lalu, semakin mempersulit masyarakat kurang mampu untuk memenuhi ketersediaan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

Pemerintah Kota Bandung, melalui Dinas KUKM dan Perindag Kota Bandung bekerja sama dengan Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kota Bandung menggelar Bazar Ramadhan 1434H di Lapangan Kantor Kecamatan Astana Anyar, Jl. Bojongloa No.69 Bandung, Kamis (18/07).

Kegiatan pasar murah tidak saja, namun merupakan suatu kesempatan yang ditunggu masyarakat karena selain terjangkau juga menyediakan kebutuhan bahan pokok dengan kualitas yang baik, sehingga menjadi momentum solusi alternatif di tengah kesulitan yang dihadapi masyarakat saat naiknya harga bahan baku selama bulan ramadhan dan menjelang lebaran.

Selain menjadi salah satu bentuk kepedulian sosial untuk membantu meringankan beban masyarakat, Bazzar Ramadhan juga untuk mengembangkan usaha kecil dan menengah (UKM) Kota Bandung yang memiliki nilai sangat strategis untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan.

Dikatakan Kepala Dinas KUKM dan Perindag Kota Bandung, Ema Sumarna, "Kami berusaha memberikan pelayanan berupa ketersediaan berbagai kebutuhan pokok masyarakat khususnya bagi yang secara ekonomi memiliki keterbatasan dalam kemampuan daya beli di wilayah kerja Astana Anyar," katanya.

Bazzar Ramadhan tersebut seluruhnya terbagi dalam 31 stand, disediakan berbagai kebutuhan pokok seperti beras, terigu, gula, minyak goreng, margarine, telur dan lainnya, juga menjual komoditi hasil pertanian juga fashion, dari berbagai UKM dan pengusaha di Kota Bandung.

"Pada tahun ini diselenggarakan dua kali, pertama 18 Juli ini di Lapangan kantor Kecamatan Astana Anyar mulai pukul 9.00 Wib sampai dengan pukul 16.00 Wib, kedua nanti dilaksanakan tanggal 30 Juli 2013 bazzar Ramadhan 1434H di laksanakan di lapangan Jl. Cicabe Kelurahan Jatihandap Kecamatan Mandalajati," lanjut Ema.

Dikatakan PLT. Sekretaris Daerah Kota Bandung, Yossi Irianto, mendekati hari raya atau ketika harga-harga barang melejit, bisa melakukan kegiatan-kegiatan semacam ini sehingga keseluruhan masyarakat dapat terbantu bebannya.

"Intinya kita sangat memahami bahwa menjelang bulan suci ramadhan dan hari raya iedul fitri, banyak persoalan-persoalan yang dihadapi berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan bahan pokok, dan mudah-mudahan ini akan mampu menjadi solusi perlindungan bagi warga masyarakat yang betul- betul membutuhkan khususnya di kecamatan astana anyar."

Lebih lanjut dikatakannya, "Terlebih saat ini dampak terhadap tingginya harga ВВМ tentunya secara umum berdampak terhadap daya beli masyarakat, saya menyambut baik gagasan indag dan para pengusaha ritel untuk berkolaborasi, berkontribusi, membantu menghadapi persoalan-persoalan yang dihadapi masyarakat," ujar Yossi saat membuka bazzar tersebut.

Bazar Ramadhan merupakan kegiatan rutin diadakan setiap tahun dan tahun ini merupakan yang ke delapan kalinya digelar, pada tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan diantaranya di Lapangan Pandawa Kelurahan Arjuna, Lapangan ABRA, Lapangan Sukapura di kelurahan Sukapura, Lapangan bola kelurahan cisaranten wetan, Balaikota Bandung, Lingkungan Perkantoran Jalan Cianjur, kelurahan cibuntu dan lapangan puter kecamatan coblong, serta terakhir di lapangan RS Khusus Ginjal Ny RA Habibie.

(www.bandung.go.id)