PENGHARGAAN KOTA LANGIT BIRU

Kota Bandung menerima penghargaan Program Langit Biru 2013, kategori Kota Metropolitan dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. Kota Bandung di

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:42
PENGHARGAAN KOTA LANGIT BIRU
PENGHARGAAN KOTA LANGIT BIRU

Kota Bandung menerima penghargaan Program Langit Biru 2013, kategori Kota Metropolitan dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. Kota Bandung dinilai terbaik dibandingkan dengan Kota Metropolitan lainnya di Indonesia.

Penghargaan diterima oleh Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bandung Eric M. Atthauriq, yang diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya, di Jakarta, Kamis (5/12).

Setelah menerima penghargaan tersebut Kepala BPLH Kota Bandung mengucapkan syukur alhamdulillah atas penghargaan yang diraih oleh Kota Bandung. "Syukur alhamdulillah, Kota Bandung mendapatkan penghargaan program langit biru, berarti berbagai upaya yang telah dilakukan mendapatkan apresiasi dari Kementerian Lingkungan Hidup," ujarnya.

Tidak lupa Eric juga menyampaikan terima kasih kepada berbagai eleman masyarakat, pimpinan Pemerintah Kota Bandung yang telah membantu Pemerintah Kota Bandung sehingga, mendapatkan penghargaan tersebut.

Terkait dengan penilaian terhadap Kota Bandung sehingga mendapatkan penghargaan, Eric mengatakan Penilaian untuk penghargaan ini dilakukan dalam beberapa ruang lingkup di antaranya uji emisi kendaraan, dengan target kendaraan yang di uji, sebanyak 1.500 kendaraan.

"Dari target tersebut tenyata,  1.898 kendaraan yang berhasil di uji, dengan hasil 93% lulus untuk kendaraan yang berbahan bakar bensin dan 76% yang berbahan bakar solar, " jelasnya.

Ruang lingkup yang lain yangt dinilai menurutnya,  adalah pemantauan kualitas udara roadside, dan yang di uji diantaranya karbon monoksida, nitrogen dioksida, dan sufur dioksida. "Hasil penilaiannya ternyata kualitas udara ambien roadside Kota Bandung memenuhi baku mutu," ujarnya.

Selain dua ruang lingkup itu, menurutnya ada dua ruang lingkup lainnya yang dinilai yaitu kinerja lalu lintas, dan pemantauan kualitas di 7 SPBU di Kota Bandung.

Dengan diraihnya penghargaan tersebut, kepala BPLH berharap penghargaan tersebut bisa menjadi  motivasi, untuk bisa memperatahankan bahkan  meningkatkan.

"Dan yang lebih penting dari diterimanya penghargaan ini, bisa menjadi motivasi agar menjadikan Bandung menjadi nyaman dan udaranya bersih," pungkasnya.


Menurut catatan, yang mengikuti lomba langit biru untuk  kota metropolitan ada 14,  kota besar 14  dan 16 kota sedang atau kecil. (www.bandung.go.id)