PROGRES PROGRAM LAPOR

Pemerintah Kota Bandung telah meluncurkan program Layanan aspirasi pengaduan online rakyat atau disingkat LAPOR!, beberapa waktu yang lalu, tepatnya Jumat (18/1

Sysadmin Saturday, 13 August 2016 09:42
PROGRES PROGRAM LAPOR
PROGRES PROGRAM LAPOR

Pemerintah Kota Bandung telah meluncurkan program Layanan aspirasi pengaduan online rakyat atau disingkat LAPOR!, beberapa waktu yang lalu, tepatnya Jumat (18/10/2013), oleh Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil dan disaksikan langsung oleh Kepala UKP4 (Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan Kuntoro Mangkusubroto, di ruang tengah Balai Kota Bandung, Jl. Wastukancana No. 2.

Dalam pelaksanaannya program LAPOR tersebut menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung Aos W.A. Bintang bisa menggunakan tiga kanal utama yang mudah diakses masyarakat melaui situs web www.lapor.ukp.go.id, atau SMS ke 1708.

“Untuk Kota Bandung maka formatnya : BDG isi aduan, dari semua operator telepon seluler, serta aplikasi mobile melalui smartphone,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Kadiskominfo, untuk lebih memperkenalkan program tersebut, maka telah dilakukan sosialisasi baik melalui media massa maupun dengan tatap muka langsung dengan warga. Selain itu juga telah dibuat pamplet, spanduk, stiker dan berbagai bentuk sosialisasi lainnya.

“Selain upaya untuk lebih mengenalkan kepada masyarakat mengenai program LAPOR ini, Diskominfo juga tentu saja telah memberikan pelatihan kepada Admin program LAPOR baik yang ada di Diskominfo maupun Admin yang ada di SKPD masing-masing yang ada di lingkungan Pemkot Bandung,” jelasnya.

Setelah berjalan beberapa waktu, sampai dengan 17 Januari 2014, menurut Kadiskominfo, jumlah laporan dengan menggunakan program LAPOR sebanyak 2.684. “Dari laporan sebanyak tersebut semuanya telah didisposisikan langsung kepada SKPD yang berwenang,” ujarnya.

Kadiskominfo juga menuturkan dari sejumlah laporan yang telah didisposisikan, sebanyak 1.194 telah tuntas, sisanya sebanyak 258 belum diproses dan yang dalam proses sebanyak 346 laporan.

“Ada lima SKPD yang paling banyak menerima laporan, yaitu Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP), Dinas Perhubungan, Satpol PP, PD Kebersihan, dan Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya,” jelasnya.

Kadiskominfo juga menjelaskan selain melalui program Lapor, warga masyarakat Kota Bandung yang telah memberikan saran kepada Pemerintah Kota Bandung melalui UPTD (unit Pelaksana Teknis Dinas) Pengaduan Masyarakat selama kurun waktu 1 januari sampai dengan 31 Desember 2013 berjumlah 2.406 pengaduan, baik melalui media cetak, telepon, email dan tatap muka.

“Topik yang paling banyak di adukan masyarakat melalui media cetak adalah mengenai jalan rusak, Pedagang Kaki Lima, kependudukan, lalu lintas dan sampah,” jelasnya.

Sedangkan topik yang sering dikeluhkan warga melalui telepon yaitu mengenai masalah perijinan dan kependudukan. “Begitu juga keluhan yang disampaikan melalui email topik yang disorot adalah masalah perijinan, sekolah dan sampah,” pungkasnya.

(www.bandung.go.id)