Kota Bandung Raih Penghargaan “Citra Bhakti Abdi Negara” dan “Citra Pelayanan Prima”

Untuk prestasinya dalam pelayanan public dan upaya penegakan Good Governance yaitu Kepemerintahan yang melibatkan seluruh stakeholder (Pemerintah, Masyarakat da

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:31
Kota Bandung Raih Penghargaan  “Citra Bhakti Abdi Negara” dan “Citra Pelayanan Prima”
Kota Bandung Raih Penghargaan “Citra Bhakti Abdi Negara” dan “Citra Pelayanan Prima”

Untuk prestasinya dalam pelayanan public dan upaya penegakan Good Governance yaitu Kepemerintahan yang melibatkan seluruh stakeholder (Pemerintah, Masyarakat dan Swasta), Walikota Bandung, H Dada Rosada SH, MSi, Jum’at (22/12/06), di Istana Merdeka, menerima Piala “Citra Bhakti Abdi Negara” dari Presiden RI, Dr Susilo Bambang Yudhoyono. Sementara piala “Citra Pelayanan Prima” diterima Kepala Pusat Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut (PPKGM) Kota Bandung, Drg Tini Sudartini S. “Dengan diraihnya dua penghargaan ini, kita harapkan, akan lebih mendorong motivasi Pemerintah Kota Bandung, untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik lagi, yaitu memberikan pelayanan yang mudah, cepat dan terjangkau”, ucap Walikota. Ditegaskan Walikota, Pemkot Bandung harus terus meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, diantaranya dengan memperpendek termasuk mendekatkan pelayanan dari yang sekarang sudah dilaksanakan. Bahkan Pelayanan Satu Atap (Yantap) pun, yang menurutnya dirasakan masih kurang, ke depan akan dilakukan lewat satu pintu (one stop service). Selain cepat, pelayanan ini akan menghindari terjadinya pungli. Piala Citra Bhakti Abdi Negara diterima Walikota Bandung, karena dinilai telah berhasil meningkatkan kualitas pelayanan public selama Tahun 2006, termasuk upayanya yang sungguh-sungguh dalam menegakkan good governance. Sedangkan Piala Citra Pelayanan Prima diberikan kepada PPKGM, karena dinilai berhasil melakukan pembenahan secara serius dan konsisten terhadap kelembagaan, kepegawaian, tatalaksana, budaya kerja dan teknologi informasi. Selain adanya stimulasi, semangat perbaikan dan inovasi pelayanan dengan menetapkan standar pelayanan prima. Piala Citra Bhakti Abdi Negara yang penilaiannya mendasarkan pada Peraturan Menteri Negara PAN Nomor 26/2006, tentang Pedoman Penilaian Kinerja Pelayanan Publik Dalam Rangka Pelaksanaan Kompetisi Antar Kabupaten/Kota, meliputi materi kebijakan deregulasi dan debirokratisasi pelayanan public, kebijakan peningkatan partisipasi masyarakat, kebijakan pemberian penghargaan dan penerapan sanksi, pembinaan teknis terhadap unit pelayanan public, kebijakan korporatisasi unit pelayanan public, pengembangan unit pelayanan, kebijakan peningkatan profesionalisme pejabat/pegawai di bidang pelayanan public, penghargaan di bidang peningkatan kualitas pelayanan public, kebijakan pembangunan ekonomi daerah, kebijakan pengembangan dan pemanfaatan e-government, dan penerapan ISO 9001 – 2000. Selain itu, berdasarkan Permenpan Nomor 31/2006, komponen dan indicator penilaian, ditambah dengan ketersediaan sarana fisik pelayanan public, kepemimpinan (leadership) dan pendapat tokoh masyarakat terhadap kinerja bupati/walikota. Karenanya, perhatian dalam penilaian adalah penerapan prinsip-prinsip good governance, mencakup tranparansi, akuntabilitas, kejujuran, tidak diskriminatif, berkasilan, rule of law, yang tercermin dalam kebijakan-kebijakan yang pro rakyat atau berorientasi kepada peningkatan kualitas pelayanan public. Hal lainnya, adalah melakukan upaya efisiensi dan efektifitas serta meningkatkan produktifitas aparatur pemerintah yang tercermin dalam disiplin penggunaan anggaran, pendayagunaan pegawai, dan pemakaian peralatan secara optimal untuk menghasilkan pelayanan yang lebih meningkat. Berdasarkan inventarisasi penghargaan, Pemkot Bandung selama kepemimpinan H Dada Rosada SH, MSi, hingga saat ini telah mencatat tidak kurang dari 52 penghargaan, baik yang diterima dari Pemerintah Pusat maupun Pmprov Jawa Barat.