Berita

Usai Dilantik, Enam Kepda Diarak dari Gedung Merdeka ke Gedung Sate

Kota Bandung akan menjadi tuan rumah pelantikan enam Kepala daerah Tingkat II di Jawa Barat pada Kamis, 20 September mendatang. Pelantikan akan dilakukan Gubern

Zalfa Fauziya Selasa, 18 September 2018 21:20
Usai Dilantik, Enam Kepda Diarak dari Gedung Merdeka ke Gedung Sate
Usai Dilantik, Enam Kepda Diarak dari Gedung Merdeka ke Gedung Sate

Kota Bandung akan menjadi tuan rumah pelantikan enam Kepala daerah Tingkat II di Jawa Barat pada Kamis, 20 September mendatang. Pelantikan akan dilakukan Gubernur Jawa Barat, M. Ridwan Kamil di Gedung Merdeka, Jln. Asia Afrika.

Kepala Daerah (Kepda) yang akan dilantik adalah, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi, Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Bupati dan Wakil Bupati Sumedang, serta Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat. Sejumlah prosesi telah dipersiapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah (Setda) Kota Bandung, Kamalia Purbani pada kegiatan Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Jln. Wastukancana, Selasa (18/9/2018), mengungkapkan, para kepala daerah yang akan dilantik, akan melakukan historical walk dari Hotel Savoy Homann menuju tempat pelantikan di Gedung Merdeka.

Sepanjang jalan yang dilalui pasangan wali kota dan wakil wali kota serta bupati dan wakil bupati yang akan dilantik, ada barisan pasangan mojang jajaka dari masing-masing daerah serta anggota Paskibraka Pemprov Jawa Barat.

Pelantikan oleh Gubernur Jawa Barat dijadwalkan pada pukul 09.00 WIB. Pelantikan diperkirakan berlangsung sekitar 1,5 jam "Dari mulai pembacaan, pengambilan sumpah dan sebagainya, diperkirakan selesai pukul 10.30 WIB,” ungkap Kamalia didampingi Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Bandung, Anton Sugiana.

Usai pelantikan, lanjutnya, pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung, Oded M. Danial dan Yana Mulyana serta  para kepala daerah lainnya akan diarak menggunakan delman menuju Gedung Sate. Sebanyak 14 delman akan diisi kepala daerah beserta istri dan wakil kepala daerah berserta istri.

"Rute arak-arakan dari Gedung Merdeka menyusuri Jalan Cikapundung, Braga, Wastukancana, Riau, Dago, Diponegoro dan berakhir di Gedung Sate," kata Kamalia.

Arak-arakan juga diikuti Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) yang menggunakan Bandung Tour On Bus (Bandros). Ada tujuh Bandros yang disediakan Pemkot Bandung untuk kegiatan ini.

Kamalia menjelaskan, acara pelantikan tidak dilanjutkan dengan serah terima jabatan. Serah terima jabatan akan dilakukan di masing-masing daerah. Untuk serah terima jabatan Wali Kota Bandung, Ia mengatakan, rencananya dilaksanakan pada hari Jumat (21/9/2018) atau Selasa (25/9/2018) bertepatan dengan Hari Jadi Kota Bandung (HJKB).

"Opsi lain pada hari Kamis (27/9/2018). Kita berikan opsi itu, pertimbangan usulan dewan dan menyesuaikan agenda Gubernur Jawa Barat maupun pimpinan," jelasnya.