Berita

Kecamatan Sukasari Kembangkan Produk Kerajinan dan Kuliner

Kecamatan Sukasari merupakan salah satu jalur wisata di Kota Bandung. Sebagai lintasan destinasi wisata, wilayah ini berpotensi mengembangkan produk kerajinan d

Zalfa Fauziya Rabu, 19 September 2018 09:13
Kecamatan Sukasari Kembangkan Produk Kerajinan dan Kuliner
Kecamatan Sukasari Kembangkan Produk Kerajinan dan Kuliner

Kecamatan Sukasari merupakan salah satu jalur wisata di Kota Bandung. Sebagai lintasan destinasi wisata, wilayah ini berpotensi mengembangkan produk kerajinan dan kuliner.

"Sukasari ini lintasan destinasi, wisatawan luar Bandung pasti melewati daerah ini. Maka kita manfaatkan wilayah yang dilalui wisatawan agar memproduksi produk yang berdaya jual," kata Camat Sukasari, Zamzam Nurzaman Hanafi pada acara Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Jln. Wastukancana, Selasa (18/9/2018).

Zamzam mencontohkan, kawasan Darul Tauhid yang berlokasi di Geger Kalong, merupakan salah satu destinasi wisata religi. Warga sekitar diajak untuk memanfaatkan potensi tersebut untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Kerajinan dan kuliner, lanjut Zamzam, merupakan dua produk yang dicari wisatawan. "Karenanya kami terus dorong warga untuk memproduksi dua produk ini," ujarnya.

Saat ini, warga Kecamatan Sukasari sudah berhasil memproduksi kerajinan dan kuliner yang dikenal wisatawan dan masyarakat. Produk kerajinan yang sudah identik dengan Kecamatan Sukasasi adalah, wayang golek khusus parade. Di Kecamatan Sukasari, ada tempat khusus pembuatan wayang golek jenis ini.

Sedangkan produk kuliner khas Kecamatan Sukasari antara lain bolu, makanan ringan, dan minuman jahe merah. Produk kuliner tersebut banyak dicari wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh.

"Keberhasilan menciptakan produk unggulan ini, diikuti dengan peningkatan kesejahteraan warga," kata Zamzam yang pada kesempatan itu memamerkan produk-produk kerajinan dan kuliner.

Zamzam yakin, usaha yang sekarang dikembangkan warganya akan terus meningkat. Apalagi PKK dan Karang Taruna terus bergerak menciptakan inovasi yang memberikan manfaat untuk masyarakat.