Pengelola PT Harus Perhatikan Mutu

Sebanyak 145 peserta dari perguruan tinggi swasta (PTS) yang ada di lingkungan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah IV Jabar-Banten, Selasa-Rab

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:31
Pengelola PT Harus Perhatikan Mutu
Pengelola PT Harus Perhatikan Mutu

Sebanyak 145 peserta dari perguruan tinggi swasta (PTS) yang ada di lingkungan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah IV Jabar-Banten, Selasa-Rabu (23-24/5), mengikuti "Penataran Akreditasi Perguruan Tinggi bagi Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan Kopertis Wilayah IV". Kegiatan berlangsung di Gedung Diklat Kopertis Wilayah IV, Jln. Winayamukti, Jatinangor, Sumedang.

Sekretaris Pelaksana Koordinator Kopertis Wilayah IV Jabar-Banten, Drs. H. Sofyan Usman, M.Si., mewakili Koordinator Kopertis Wilayah IV, Dr.H. Tresna Dermawan Kunaefi, saat menyampaikan sambutan pada pembukaan acara itu, Selasa (23/5), mengatakan, rendahnya mutu pendidikan saat ini merupakan masalah krusial yang harus mendapatkan perhatian semua pihak terkait.

"Salah satu upaya meningkatkan mutu pendidikan tinggi, yaitu melalui penjaminan mutu yang dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan. Melalui cara begitu, semua pihak yang berkepentingan seperti mahasiswa, orangtua, dunia kerja, pemerintah, dan dosen akan merasa puas terhadap layanan pendidikan yang diberikan oleh perguruan tinggi," katanya.

Selanjutnya ia menyebutkan, peningkatan mutu pendidikan harus menjadi perhatian utama pengelola PT. Dikatakannya, upaya meningkatkan mutu PT harus diawali melalui penjaminan mutu internal yang dilakukan oleh pengelola PT.

Setiap PT, katanya, harus menumbuhkembangkan kultur mutu di kalangan pimpinan, dosen, dan tenaga pendukung lainnya. Melalui cara demikian, peningkatan mutu berkelanjutan bisa dilakukan.

"Sistem pemeliharaan, pengendalian, dan pengawasan terhadap mutu pendidikan menjadi syarat untuk menghasilkan lulusan PT yang berdaya saing," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Wilayah IV Jabar-Banten, Prof. Dr. H.M. Djawad Dahlan, mengatakan, penataan mutu menjadi aspek penting dalam penyelenggaraan PTS.

"Jika pada masa lalu penataan PT dititikberatkan pada faktor administratif personalia. Maka, untuk saat ini, upaya meningkatkan kualitas pendidikan harus menjadi perhatian utama," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bagian Akreditasi Kopertis Wilayah IV Jabar-Banten, Drs. Sudarsono mengatakan, kegiatan itu dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada setiap PTS tentang komponen-komponen penilaian dalam akreditasi program studi.