Kesehatan

"Cita-Cita Bunda", Edukasi Stunting Lewat Film

Penanganan stunting terus digencarkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Bukan hanya lewat seminar sosialisasi, cara kekinian pun dijajal melalui dunia perfilman. Sebuah film pendek karya sutradara Anto Purwanto berjudul "Cita-Cita Bunda" memikat atensi para peserta nonton bareng (nobar) di CGV Paskal, Kamis 23 November 2023.

Humas Kota Bandung Kamis, 23 November 2023 16:16
img
img
img
img
img
img

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bandung, Dewi Kania Sari menyampaikan, melalui nobar film, mencoba untuk mengemas cara menyampaikan informasi komunikasi dan edukasi untuk mengenalkan penanganan stunting ke dalam bentuk kemasan yang lebih kreatif dan menarik.

"Ada unsur edutainment agar masyarakat bisa lebih menerima. Kita sesuaikan dengan gaya terkini anak-anak remaja. Ada juga film animasi, kita juga mau bikin aplikasi permainan. Kita juga udah kerja sama dengan XXI," jelas Dewi.

Harapannya, pada tahun 2045 mendatang Kota Bandung bisa zero stunting. Ia menyebutkan, target penanganan stunting di Kota Bandung pada RPJMD tahun ini sebanyak 17 persen.

“Tahun depan 14 persen. Tapi kita harus punya mimpi Kota Bandung sampai 0 persen. Sehingga tahun 2045 generasi penerus Kota Bandung siap bersaing,” ungkapnya.

Oleh karena itu, agar semakin mempercepat penanganan stunting, perlu adanya kolaborasi dengan pihak lain. Salah satunya dengan melibatkan karya anak-anak muda bersama pihak swasta.

Terlebih lagi, cara edukasinya pun semakin dibuat beragam. Ia mengatakan, edukasi stunting juga dilakukan melalui pagelaran wayang.

“Dibuat dengan beragam cara edukasi agar isu stunting dan pengendalian keluarga berencana bisa menjadi isu sehari-hari. Ini jadi PR kita semua. Seluruh unsur masyarakat akan kita coba tarik partisipasinya agar masyarakat juga lebih peduli,” tuturnya.

Sementara itu, sutradara film pendek Cita-Cita Bunda, Anto Purwanto memaparkan, film garapannya dimulai dari latar belakang kegelisahan masyarakat.

“Di usia kita yang sudah jadi orang tua, dengar anak-anak lain sudah jadi 'orang' itu bikin kepikiran masa depan anak sendiri akan seperti apa. Apalagi ada juga isu generasi emas 2045. Bagaimana kita bisa memanfaatkan keberuntungan ini,” ucap Anto.

Baginya, keberuntungan itu berkaitan dengan kesiapan dalam kesempatan. Sehingga harus dipersiapkan sejak dini agar anak-anak dapat memiliki masa depan yang lebih baik dan terhindar dari stunting.

Stunting merupakan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang. Ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar.

Penyebabnya kondisi irreversibel akibat asupan nutrisi yang tidak memadai, infeksi berulang atau kronis yang terjadi dalam 1.000 hari pertama kelahiran.

Menurut salah satu warga Kelurahan Arjuna yang ikut nobar, Evi, melalui film pendek tersebut ia bisa menambah ilmu dan wawasannya.

“Film tadi bercerita tentang perkembangan anak yang harus dipersiapkan sejak dini untuk mencegah stunting. Anak-anak kita harus rajin dibawa ke posyandu untuk diperiksa kesehatannya,” kata Evi.

Sedangkan menurut Mulyana, warga Kelurahan Batununggal, film Cita-cita Bunda cukup menarik karena melalui film tersebut jadi lebih banyak gambar hal yang harus dipersiapkan sebagai orang tua, dibandingkan kalau hanya mendapatkan materi edukasi melalui sosialisasi.

“Kalau saya pribadi jadi terinspirasi, apalagi saya juga sudah punya anak. Melalui film ini saya jadi jadi tahu pentingnya datang ke posyandu,” aku Mulyana.

Menurutnya, masalah stunting memang erat sekali dengan kehidupan masyarakat. Apalagi dalam beberapa waktu ke depan Indonesia akan memiliki bonus demografi di tahun 2045.

“Kita harus mempersiapkan generasi anak-anak kita. Sebab mereka memiliki perjuangan dan persaingan yang lebih berat dibandingkan zaman kita saat ini,” tuturnya. (keriuhan)**


Kepala Diskominfo Kota Bandung

Yayan A. Brilyana