Berita

Jelang Idulfitri, Pj Wali Kota Imbau Masyarakat Siapkan Sejumlah Hal Saat Hendak Mudik

Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono mengimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik hari raya idulfitri 1445 H untuk menyiapkan beberapa hal penting agar mudik bisa berjalan lancar dan nyaman.

Humas Kota Bandung Kamis, 04 April 2024 10:26
img
img
img
img
img
img

Salah satunya, rumah yang ditinggal mudik agar bisa dititipkan kepada pengurus RT dan RW di wilayahnya, maupun petugas keamanan setempat.

Hal itu diungkapkan Bambang saat menghadiri Safari Ramadan di Masjid Al-Ikhlas Kelurahan Jatisari Kecamatan Buahbatu, Rabu 3 April 2024 malam.

"Menjelang hari raya ini saya mengimbau warga yang akan mudik, mohon diberitahukan kepada RT, RW agar keamanan lingkungan bisa antisipasi," kata Bambang.

Kemudian memadamkan listrik, melepas sambungan kompor gas, mengunci dengan aman seluruh pintu dan jendela. Warga juga harus mengecek kondisi laik kendaraan secara detail hingga menyiapkan kotak P3K.

Selain itu, Bambang mengatakan, warga yang mudik dapat menitipkan kendaraan roda empat di kantor-kantor pemerintahan di kelurahan, kecamatan, dan kantor Pemerintahan Kota Bandung.

"Kantor pemerintah kota pun bisa jadi tempat penitipan kendaraan roda empat, dan personel dari pemerintah kota kami libatkan juga dalam pengamanan, dari Satpol PP dan dinas perhubungan," ujarnya.

Berbagai upaya telah dilakukan Pemkot Bandung untuk dapat menghadirkan pelaksanaan mudik yang aman dan nyaman bagi masyarakat.

Di antaranya dengan melakukan pemberian subsidi pangan, penyediaan fasilitas kesehatan, menggelar Gerakan Pangan Murah, pengecekan kelaikan kendaraan umum, pemeriksaan Tera SPBU dan lainnya.

Bambang juga memastikan kondisi ketersediaan dan ketahanan pangan di Kota Bandung aman menghadapi hari raya Idulfitri.

"Terakhir, dalam waktu yang tidak terlalu lama, 10 hari lagi insyaallah menghadapi hari raya Idulfitri, kondisi ketahanan pangan, ketersediaan pangan aman," ungkapnya. (rob)**

 

Kepala Diskominfo Kota Bandung

 

Yayan A. Brilyana