Berita

Tak Ada Demo di May Day 2024, Pemkot Bandung dan Dunia Usaha Saling Rangkul

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memastikan tidak ada aksi demo turun ke jalan pada peringatan Hari Buruh Internasional 2024 mendatang. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung, Andri Darusman.

Humas Kota Bandung Selasa, 23 April 2024 13:55
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img

Ia menyebut, peringatan Hari Buruh Internasional 2024 di Kota Bandung akan berlangsung pada Minggu 5 Mei 2024 di Harris Convention Center Festival Citylink, Kota Bandung. Nantinya, kegiatan ini akan diikuti sekitar 1.500 perwakilan pekerja buruh dari dunia usaha Kota Bandung.

"Tidak ada demo turun ke jalan. Alhamdulillah, terima kasih," ujar Andri dalam Coffee Morning dan Silaturahmi Serikat Buruh Kota Bandung, Selasa 24 April 2024.

Andri juga menambahkan, ada sejumlah rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan pada rangkaian peringatan Hari Buruh Internasional 2024 di Kota Bandung. Antara lain kegiatan donor darah, dan juga kegiatan kebersihan di perusahaan masing-masing.

Pada kegiatan silaturahmi ini, Andri mengajak seluruh pihak menjadikan Hari Buruh Internasional 2024 sebagai ajang kerja bersama wujudkan pekerja buruh yang kompeten.

"Hari ini kita bersilaturahmi untuk lebih meningkatkan tali silaturahmi antara Pemerintah dengan unsur pekerja dan pengusaha, juga meningkatkan hubungan industrial yang harmonis antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah," ujarnya.

Ia juga berharap, forum diskusi yang telah terjalin antara pemerintah dan dunia usaha dapat menjadi sarana untuk menjalin komunikasi dan kerja sama antara pemerintah, pengusaha dan pekerja dalam upaya meningkatkan jaminan hubungan industrial yang harmonis, dinamis, berkeadilan, baik untuk saat ini atau yang akan datang.

Sementara itu, Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Kota Bandung, Hikmat Ginanjar menyebut, tema peringatan Hari Buruh Internasional 2024 menjadi sebuah semangat dalam mencerminkan keterlibatan seluruh para pelaku dunia usaha. Mulai dari pemerintah, anggota pekerja, para pengusaha yang memperlihatkan komitmen untuk membangun hubungan industrial yang bermartabat.

Sebagaimana diketahui, tema peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day 2024 di Kota Bandung adalah "Jadikan Momentum May Day 2024 untuk Satukan Hati, Rasa dan Pikiran dalam Meraih Kesejahteraan Bersama'.

"Kota Bandung adalah rumah kita bersama. Kalau sudah berbicara rumah, maka harus kita jaga bersama dari berbagai sektor. Sebagai penghuni yang ada di dalamnya, mari kita jaga Bandung sebagai kota yang aman, nyaman, dan kondusif," ujar Hikmat.

Hikmat juga mengajak seluruh pihak menjaga Kota Bandung sebagai kota yang aman, nyaman, dan kondusif. Hal itu, kata Hikmat bisa dimulai dari diri sendiri dengan menerapkan prinsip hidup 'saya aman, saya nyaman, saya menyenangkan'.

"Mari ciptakan kondisi saya aman, saya nyaman, dan saya menyenangkan. Kalau semuanya menyenangkan, tentu saja suasana bekerja pun menjadi lebih menarik. Kreativitas, inovasi, gagasan dan ide positif akan muncul," pesannya.

Ia berharap, terbangunnya keharmonisan hubungan yang dijalin antara pekerja, pengusaha dan pemerintah (tripartit), maka setiap persoalan atau perbedaan kepentingan dapat diselesaikan dengan menjunjung tinggi azas musyawarah untuk mufakat. (ray)**

Kepala Diskominfo Kota Bandung

 


Yayan A. Brilyana