Berita

Pemkot Bandung Mulai Terapkan Friday Car Free di Balai Kota Pekan Depan

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan menerapkan hari bebas kendaraan setiap Jumat atau Friday Car Free di lingkungan Balai Kota Bandung.

Humas Kota Bandung Senin, 29 April 2024 16:25
img
img
img
img

Rencananya program ini diterapkan mulai pada Jumat 10 Mei 2024 pekan depan dan berlaku untuk seluruh pegawai maupun pimpinan yang berkantor di Balai Kota Bandung.

"Pelaksanaan Friday Car Free ini kita akan mulai di lingkungan Balai Kota Bandung dulu. Minggu depan kita mulai," ujar Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono saat memimpin Rapat Pimpinan di Hotel Grandia, Senin 29 April 2024.

Bambang menjelaskan, pelaksanaan Friday Car Free ini sebagai salah satu upaya mendorong para pegawai di lingkungan Balai Kota menggunakan angkutan umum.

Tren saat ini pegawai Balai Kota lebih banyak menggunakan angkutan pribadi baik kendaraan roda dua maupun empat.

"Nanti para pegawai memakai angkutan umum, ada yang pakai sepeda ada juga yang jalan kaki ke kantor. Pegawai dapat menggunakan transportasi yang disediakan," kata dia.

Rencananya, apabila penerapan Friday Car Free di Balai Kota Bandung lancar maka akan diberlakukan lagi di dua lokasi lain yakni Kawasan Perkantoran Jalan Cianjur dan Sekretariat DPRD Kota Bandung.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Asep Koswara mengatakan, Dinas Perhubungan telah menyiapkan dua bus angkutan dengan penumpang kurang lebih 60 orang.

"Saat ini kita sedang siapkan lokasi untuk 'pick up pool'-nya," kata Asep.

Dishub juga bersama Satpol PP Kota Bandung, kata Asep  akan menurunkan petugas untuk berpatroli di sekitar Balai Kota Bandung.

"Dishub bersama Satpol akan berkeliling balai kota untuk mengantisipasi ada pegawai nakal yang membawa kendaraan pribadi," ujarnya. (rob)**


Kepala Diskominfo Kota Bandung

 

Yayan A. Brilyana