Berita

Evaluasi LKPJ Wali Kota Bandung tahun 2023: Kinerja Pemkot Bandung Nyaris Sempurna

Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono menyatakan, hampir seluruh target pembangunan pada tahun 2023 tercapai. Dari 9 indikator, kinerja tujuan dalam pencapaian 5 misi Kota Bandung, hanya indek liveable city yang baru mencapai 94,97 persen.

Humas Kota Bandung Rabu, 08 Mei 2024 13:55
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img

Sedangkan indikator lainnya yaitu indeks pembangunan manusia, indeks reformasi birokrasi, level kematangan smart city, laju pertumbuhan ekonomi, gini rasio, PRDB (Produk Domestik Regional Bruto) perkapita, pengeluaran perkapita, dan kolaborasi pembiayaan pembangunan tercapai.

"Umumnya tercapai di atas 100 persen kecuali indek liveable city dengan nilai 94,97%," kata Bambang pada Kegiatan Rapat Evaluasi Kinerja Pemkot Bandung dalam Laporan Keterangan LKPJ Wali Kota tahun 2023, di Savoy Homman, Rabu 8 Mei 2024.

Oleh karenanya, Bambang mengucapkan terima kasih kepada DPRD Kota Bandung yang telah memberikan rekomendasi terhadap dokumen LKPJ Pemerintah Kota Bandung.

"Terima kasih kepada pimpinan dan anggota DPRD yang telah kritis memberikan masukan berupa 99 rekomendasi terhadap dokumen LKPJ. Seluruh rekomendasi tersebut telah ditindaklanjuti," ujarnya.

"Alhamdulilah memberikan dampak positif terhadap perbaikan penyelenggaraan pemerintahan di semua SKPD terkait, sehingga sangat mendukung dalam pencapaian kinerja 5 misi, serta pencapaian realisasi janji Wali Kota di tahun 2023," imbuhnya.

Bambang berharap, rapat evaluasi ini berjalan optimal sehingga menghasilkan penelaahan yang signifikan untuk dilakukan.

"Proses Pansus (Panitia Khusus) sudah berproses, dan juga mudah-mudahan  proses Pansus bisa berjalan lancar dan melalui rapat kerja ini untuk lebih memberikan penelahaan dan koreksi terhadap laporan yang sudah kami buat," ujarnya.

"Ke depan bisa memberikan rekomendasi untuk meningkatkan capaian kinerja Pemerintah Kota Bandung," tambahnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Asep Saeful Gufron  mengungkapkan, keterangan pertanggungjawaban Wali Kota Bandung akhir tahun anggaran 2023 menggambarkan kinerja eksekutif dalam melaksanakan dokumen perencanaan pembangunan daerah yang telah disepakati dan ditetapkan dalam peraturan daerah Kota Bandung dengan konstruksi dan substansi materi pertanggungjawaban.

"Ini sesuai dengan target kinerja program kegiatan pemerintah Kota Bandung sebagaimana tercantum dalam perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kotabl Bandung tahun 2018-2023 yang dijabarkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Bandung yang bersifat tahunan," bebernya.

Asep menambahkan, adapun maksud dan tujuan pelaksaan rapat evaluasi ini untuk memberikan gambaran atas pelaksanaan capaian kinerja Pemerintah Kota Bandung sebagaimana tertuang dalam LKPJ Wali Kota Bandung tahun anggaran 2023.

"Adanya masukkan dari para narasumber termasuk dari pansus 1 LKPJ Wali Kota Bandung tahun anggaran 2023 sebagai bahan evaluasi dan tindak lanjut untuk meningkatkan kinerja Pemkot Bandung di tahun selanjutnya," harap Asep.

Di tempat yang sama, Ketua Pansus 1 DPRD Kota Bandung, Folmer Siswanto M. Silalahi berharap, partisipasi publik dalam memberikan masukan bagi Pemkot Bandung bisa lebih baik. Sehingga roda pemerintahan di Kota Bandung berjalan lebih optimal sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

"Bentuk partisipasi publik dalam memberikan masukan ini ikut andil.  Karena kita sudah sepakat membangun kota ini tidak hanya pemerintah dan DPRD saja, tapi dengan konsep kolaborasi atau pentaheliks menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan," bebernya.(yan)**


Kepala Diskominfo Kota Bandung

 

Yayan A. Brilyana