Berita

Teras Sunda Cibiru dan Pasir Kunci Bakal Direaktivasi Jadi Destinasi Unggulan Bandung Timur

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana mereaktivasi Teras Sunda Cibiru dan Kampung Wisata Pasir Kunci untuk menambah pilihan destinasi wisata di kawasan Bandung Timur.

Humas Kota Bandung Rabu, 12 Juni 2024 16:18
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img

Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono mengatakan, potensi seni budaya di kawasan Bandung Timur sangat banyak. Kedua lokasi tersebut menurutnya dapat dimanfaatkan seluas-luasnya untuk meningkatkan potensi seni budaya tersebut menjadi destinasi wisata unggulan.

"Bandung banyak potensi termasuk seni budaya. Kita punya sarana ini (Teras Cibiru dan Pasir Kunci). Kota Bandung apa pun bisa jadikan daya tarik. Tinggal diberi sentuhan yang menarik misalnya dengan minimal tiap hari ada kegiatan," kata Bambang saat berkunjung ke Teras Sunda dan Kampung Wisata Pasir Kunci, Selasa 11 Juni 2024.

Ia mengatakan, nantinya di Teras Cibiru dan Pasir Kunci akan diisi dengan berbagai kegiatan seni budaya yang dapat dinikmati oleh masyarakat.

"Saya bisa bayangkan indahnya bangunan ini. Poinnya, ini dimaksimalkan. Peran Kewilayahan juga aktif mengajak, tentunya dengan aturan main sehingga ini bernilai," ujarnya.

Masyarakat juga dapat menggunakannya secara gratis untuk penyelenggaraan kegiatan seni budaya.

"Sekarang bagaimana ini betul-betul bisa bernilai dan dirasakan warga sekitar Bandung Timur," katanya.

Ia meminta, kewilayahan untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak agar di Teras Sunda Cibiru dan Pasir Kunci selalu ada kegiatan setiap harinya.

"Oleh karenanya harus segera lakukan evaluasi supaya ini bisa bernilai guna. Sehingga camat berkolaborasi untuk saling mengisi. PR-nya harus tiap hari ada kegiatan," ungkapnya.

Sebagai informasi, Teras Sunda Cibiru, sebuah tempat wisata yang diresmikan pada tanggal 31 Oktober 2018. Terletak di Kelurahan Cipadung, Kecamatan Cibiru, Teras Sunda Cibiru menghadirkan konsep desain bangunan yang sarat dengan unsur budaya Sunda.

Dibangun di atas lahan seluas 5.600 meter persegi, Teras Sunda Cibiru menawarkan sejumlah fasilitas yang bisa dinikmati oleh masyarakat umum.

Sedangkan, Kampung Wisata Pasir Kunci diresmikan pada tahun 2018. Disana menyuguhkan berbagai kegiatan seni Sunda. Di antaranya kaulinan barudak dan beragam acara seni tradisional yang bisa disaksikan dan diikuti oleh para wisatawan. (rob)**


Kepala Diskominfo Kota Bandung

 

Yayan A. Brilyana