Berita

Pecinta Kuliner Wajib Coba Tempat Legendaris Gudeg Banda di Kota Bandung!

Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta yang juga bisa anda jumpai di berbagai kota, termasuk Kota Bandung. Ada beberapa resto yang menjual makanan ini, salah satunya Gudeg Banda.

Humas Kota Bandung Minggu, 23 Juni 2024 14:41
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img

Ya, Gudeg Banda bisa dibilang salah satu tempat gudeg legendaris di Kota Bandung. Beroperasi sejak 1980, artinya, resto ini sudah berusia 44 tahun.

Gudeg Banda beroperasi di dua lokasi. Pertama, di Jalan Lombok Nomor 57. Lalu ada juga di Jalan Taman Cibeunying Selatan Nomor 33.

Di sini, menu yang selalu jadi favorit pengunjung, antara lain nasi gudeg ayam opor. Menu ini tergabung dalam paket nasi gudeg.

Selain nasi gudeg ayam opor, masih ada varian lain di paket ini. Misalnya nasi gudeg komplit, nasi gudeg ayam telur, nasi gudeg ayam goreng, nasi gudeg telur, nasi gudeg gepuk, nasi gudeg rendang, nasi gudeg ati ampela, dan nasi gudeg ayam bakar.

Kisaran harganya pun cukup bersahabat, kok. Mulai dari Rp22.000 hingga Rp46.000, kamu sudah bisa menyantap paket ini.

Bukan hanya paket nasi gudeg saja, di sini, anda juga bisa menjajal menu porsian yang menyediakan sayur campur, gudeg, atau kerecek. juga ada menu Satuan, di dalamnya ada ati ampela, ayam bakar, ayam opor, dan masih banyak lagi.

Lokasi Gudeg Banda di Taman Cibeunying Selatan Nomor 33 juga cocok banget dijadikan tempat berkumpul keluarga.

Juru Masak Gudeg Banda, Untung Iswanto menyebut, resep khas turun temurun di tempat ini jadi salah satu yang wajib dicoba pecinta kuliner dan juga wisatawan Kota Bandung.

“Kami sudah ada sejak 1980. Awalnya, bisa dibilang kaki lima. Bersyukur, saat ini kami masih eksis. Tentunya jadi tantangan, ya. Bagaimana kuliner yang punya tema khas ini tetap relevan, gitu, buat pecinta kuliner,” kata Untung.

Meneruskan resep turun temurun juga disebut Untung sebagai satu kebanggaan. Saat ini, Gudeg Banda masih dijalankan oleh generasi pertama dan generasi keduanya.

“Masih sebagian besar generasi pertama, dan ada generasi saya, generasi keduanya. Ini berawal dari usaha orang tua. Tantangannya ya menjaga konsistensi itu,” kata Untung.

Tak hanya bermain di resep dan cita rasa, Gudeg Banda juga mengeksplorasi sisi ruang. Oleh karena itu, ada resto di Jalan Taman Cibeunying, seperti disebutkan lokasi ini lebih cocok untuk dijadikan tempat kumpul keluarga sembari menyantap kuliner tradisional.

Karena punya tempat yang nyaman, kata Untung, banyak orang yang mampir ke Gudeg Banda. Mulai dari warga Bandung, wisatawan, hingga kalangan selebriti atau pun pejabat publik.

“Yang kami lihat memang ada beberapa selebritis, atau dulu ketika Pak RK (Ridwan Kamil) masih menjabat Wali Kota Bandung, kami sering lihat beliau makan di sini. Tentu kami senang, banyak orang yang tahu keberadaan kami,” terangnya.

Selama 44 tahun eksistensi Gudeg Banda juga dijadikan acuan bagi Untung dan penggawa di balik layar lainnya, agar cita rasa kuliner lokal ini dapat terus bertahan di tengah inovasi dan kreativitas dari para insan kuliner.

“Kita berharap, lewat kuliner, kita bisa sama-sama dukung pariwisata Kota Bandung,” tutur Untung.

Bagi yang masih mencari kuliner tematik seperti gudeg, tidak ada salahnya mencoba menu-menu khas Gudeg Banda loh! Anda juga bisa mencari tahu lebih lengkap informasi melalui Instagram mereka @gudegbanda.(ray)**


Kepala Diskominfo Kota Bandung

 

Yayan A. Brilyana