Berita

Cihaurgeulis Siap Jadi Juara Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Jabar 2024

Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono menegaskan, Kota Bandung dengan berbagai inovasi dan dukungan masyarakat siap menjadi juara pada perlehatan lomba kelurahan tingkat provinsi Jawa Barat tahun 2024.

Humas Kota Bandung Selasa, 25 Juni 2024 14:06
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img

Hal itu disampaikan saat memberikan sambutan pada kegiatan penilaian lomba kelurahan tingkat Provinsi Jawa Barat, di Kantor Kelurahan Cihaugeulis Kecamatan Cibeunying Kaler, Selasa 25 Juni 2024.

"Di kelurahan ini telah hadir Kampung Sablon hingga produk unggulan kewilayahan yang mampu membuka lapangan kerja dan meningkatkan potensi ekonomi," katanya.

Menurutnya, kehadiran Kampung Wisata Sablon dapat membantu menangani inflasi. Ditambah dengan adanya produk unggulan UMKM di antaranya konveksi, daur ulang kertas dan koran, produk berbahan baku bonggol jagung, snack Bu Oting dan kerupuk DDN.

"Kita hitung juga persentase balita stunting di Kelurahan Cihaurgeulis yaitu 5.51 persen atau 14 balita. Sementara untuk penanganan sampah 786,92 ton berhasil diolah," bebernya.

Di Kelurahan Cihaurgeulis juga terdapat inovasi Kangbursah yaitu Kang Pisman, Buruan Sae dan Bank Sampah. Termasuk juga Epa Geulis yaitu Efektivitas Pelayanan Administrasi Kelurahan Cihaurgeulis.

"Inovasi ini dihadirkan untuk memudahkan warga membuat perusahaan hanya dengan melalui gadget lewat WhatsApp, " ujarnya.

Selain itu, hadir juga Jawara Manis yaitu Jaga Wilayah Bersama Warga dan Satlinmas Cihaurgeulis.

"Ini menjaga keamanan dan ketertiban serta ikut berpartisipasi dan monitoring ke wilayah warga," tuturnya.

Sementara itu, Lurah Cihaurgeulis, Agi Koswara mengaku berupaya untuk mewujudkan masyarakat sejahtera melalui kelurahan yang berkualitas.

"Soal infrastruktur, kita perbaikan jalan, drainase, Kita juga atasi masalah stunting dan membina koperasi," ujarnya.

Selain itu, lanjut Agi, Kelurahan Cihaurgeulis memberikan ruang bagi pelaku UMKM untuk menjajarkan hasil produksi di kantor kewilayahan yang diberi nama Gamis atau Galeri Mini UMKM Cihaurgeulis.

"Tempatnya di kantor kelurahan. Ini sebagai bentuk dukungan kami terhadap produk yang ada di wilayah. Membantu pelaku UMKM mempromosikan untuk menjual produk unggulannya," kata Agi.

Menanggapi hal itu, Ketua Tim Penilaian Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat, Lisa Avianty mengapresiasi terobosan yang telah dilakukan oleh Pemkot Bandung.

"Lomba ini bukan asal-asalan. Ada proses tahapan evaluasi soal tata kelola pemerintahan yang dilakukan setiap organisasi. Kita secara detail memberikan penilaian," akunya.

Lisa menerangkan, saat ini lomba memasuki tahapan penilaian langsung dengan meninjau berbagai potensi yang ada di wilayah. Ia harap kepala kewilayahan mampu menjelaskan berbagai potensi yang ada sebagai penilaian.

"Kami harap lurah camat bahkan kepala OPD mampu menjelaskan berbagai potensi yang nanti kita tinjau," tuturnya.

Usai kegiatan seremonial, tim penilai meninjau ke berbagai tempat seperti Kampung Wisata Sabon, kunjungan ke UMKM Bonggol Jagung RW 10, Kunjungan Posyadu dan kunjungan ke Kangbursah (Kang Pisman, Buruan Sae dan Bank Sampah).(yan)**


Kepala Diskominfo Kota Bandung

 

Yayan A. Brilyana