Walikota

Silaturahmi LKS Tripartit dan Launching Ketenagakerjaan.

Ketenagakerjaan terkait erat dengan kualitas dan kesiapan sumber daya manusia (SDM) memasuki pasar tenaga kerja. Persoalannya, pembangunan bidang pendidikan kin

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:35
Silaturahmi LKS Tripartit dan Launching Ketenagakerjaan.
Silaturahmi LKS Tripartit dan Launching Ketenagakerjaan.

Ketenagakerjaan terkait erat dengan kualitas dan kesiapan sumber daya manusia (SDM) memasuki pasar tenaga kerja. Persoalannya, pembangunan bidang pendidikan kini belum sepenuhnya dapat memenuhi criteria standar yang dibutuhkan, padahal pangsa pasar menentukan standar minimal SLTA. Untuk itu perlu diperbanyak pendidikan kejuruan baik formal maupun non formal serta peningkatan rintisan wajib belajar pendidikan dasar (Wajar Dikdas) 9 tahun menjadi 12 tahu.

"Tujuh program prioritas kita khususnya bidang pendidikan, menetapkan target Bandung Cerdas 2008. Ini sebagai rintisan wajar dikdas 12 tahun, bahwa rata-rata pendidikan di Kota Bandung minimal SLTA," tandas Wali Kota Bandung, H Dada Rosada SH, MSi dalam acara silaturahmi dengan lembaga kerja sama (LKS) Tripartit yang dirangkaikan dengan launching ketenagakerjaan di Kota Bandung, di kompleks Metro Indah Mall (MIM) Jalan Soekarno Hatta Bandung, Rabu(13/05/09).

Acara dihadiri Dirjen Bina Pengawasan Tenaga Kerja (Binwasnaker) Departemen Tenaga Kerja, DR Made Arta, Kepala Disnaker Jawa barat, Mustofa Jamaludin, para pimpinan serikat pekerja, pengusaha dan pekerja.

Konsistensi Kota Bandung membangun pendidikan, dikatakan Dada, dibuktikan dengan pengalokasian anggaran pendidikan lebih dari 50 persen APBD. Dirinya berharap, Bandung sebagai kota vokasi dengan  banyaknya sekolah pendidikan kejuruan, ditambah lembaga-lembaga pendidikan ketrampilan swasta, dapat mengatasi persoalan pengangguran di Kota Bandung sekaligus berkontribusi terhadap penciptaan sejuta lapangan kerja di Jawa Barat," harap Dada.

Tidak kalah penting tambahnya, perlunya seluruh stakeholder terus memelihara penciptaan hubungan industrial yang kondusif. Ketenangan bekerja dijamin dan kelangsungan usaha tetap terjaga. Terus terpeliharanya hubungan kekeluargaan antara pekerja, pengusaha dan pemerintah.
 
"Semangat kebersamaan ini terbukti ampuh menyelesaikan persoalan dinamika ketenagakerjaan di Kota Bandung. Ini juga tidak terlepas dari komitmen bersama memantapkan perwujudan Bandung sebagai kota jasa yang bermartabat, yang diwujudkan pemenuhan hak dan kewajiban pekerja-pengusaha yang berkeadilan," ujarnya sekaligus bersyukur semakin dewasanya sikap insane para pekerja di Kota Bandung. Wali kota menyatakan apresiatif, peran dunia usaha telah memberi timbale balik dengan menyediakan program pemagangan atau kerjasama dalam penyelenggaraan pendidikan kejuruan. Melalui program ini, menurutnya akan tercipta simbiosis mutualistis atau ketergantungan yang saling menguntungkan.

Peserta program pemagangan di bidang otomotif  Adira Motor, Ugih Purwana (19 th), tamatan SMK Kartika Siliwangi jurusan otomotif, warga Parakan Saat Kota Bandung, menyatakan terima kasih sekaligus bersyukur, Desember 2008 mendapat kesempatan ikut program pelatihan otomotif sepeda motor.
 
Selain dididik dan mendapat sertifikat, saya juga ditempatkan bekerja. Maret 2008 saya dipekerjakan di bengkel Adira Motor Cabang Jatinangor dengan gaji Rp. 900 ribu. -- Alhamdulillah meski masih standar UMK, tapi saya sudah bisa bantu meringankan beban orangtua saya yang sehari-hari sebagai penarik becak," ujarnya.

Dalam kesempatan ini wali kota menyerahkan penghargaan kepada pekerja teladan 2009, yaitu terbaik I, Neneng Nurlaela, SE (PT Biofarma), terbaik II Marcellina Utami Ngesti, S.Sos (Grand Hotel Preanger), terbaik III Selamet Utomo (PT Masterindo Jaya Abadi), penyerahan bantuan dana pendidikan putera/I pekerja dari Jamsostek, bantuan uang muka kredit kepemilikan rumah dari Jamsostek, bantuan 50 alat penyemprot hama bagi 50 calon transmigran yang akan diberangkatkan ke kabupaten Barito kuala-Kaltim dan Kabupaten Kedung karya Muaro Jambi.

Kota Bandung dalam prestasi ketenagakerjaan, Kadisnaker Kota Bandung, Hibarni Andam Dewi menyebutkan, terdapat sejumlah perusahaan di Kota  Bandung yang berpresatasi di tingkat nasional, diantaranya PT Telkom, PT Pindad dan PT Pikiran Rakyat meraih penghargaan tingkat nihil kecelakaan tingkat pusat (Depnakertrans), Rumah Sakit Al Islam dan Hotel Papandayan meraih penghargaan Pembina tenaga kerja wanita terbaik dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan, Hotel Sheraton Bandung meraih penghargaan LKS Bipartit Award.

Kepala badan komunikasi dan Informatika
Bulgan Alamin