Wali Kota Bandung H Dada Rosada Buka Lomba Al Barjanji Majelis Talim Al Hasanah Kota Bandung

  Mengisi kegiatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1430 H (2009), Majelis Talim Al Hasanah Kota Bandung kembali menggelar lomba Al Barjanji, yaitu seni menyanyi

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:35
Wali Kota Bandung H Dada Rosada Buka Lomba Al Barjanji Majelis Talim Al Hasanah Kota Bandung
Wali Kota Bandung H Dada Rosada Buka Lomba Al Barjanji Majelis Talim Al Hasanah Kota Bandung

 

Mengisi kegiatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1430 H (2009), Majelis Talim Al Hasanah Kota Bandung kembali menggelar lomba Al Barjanji, yaitu seni menyanyi bernafaskan Islam yang berisi pujia-pujian kepada Allah SWT dan Rasulnya.

Kegiatan yang dibuka Wali Kota Bandung H Dada Rosada di Pendopo, Jalan Dalem Kaum Bandung (Selasa (30/6/09), dikatakan Ketua Majelis Talim Al Hasanah Kota Bandung Hj Kusmeni S Hartadi, adalah lomba Al Barjanji ke 9 (sembilan) kali sejak diselenggarakan Tahun 2000, memperebutkan tropi bergilir Wali Kota Bandung. "Awal dislenggarakan, panitia membatasi hanya satu regu hasil seleksi dari tiap kecamatan. Al Barjanji kini sudah semakin merakyat. Bahkan tahun ini sungguh diluar dugaan dilihat dari lonjakan jumlah peserta. Tingginya animo masyarakat ini, agar tiap kelurahan bisa ikut, nampaknya tidak lagi dapat dibendung," imbuhnya seraya menyebutkan, Lomba Barjanji 2009 diikuti 50 regu masing-masing beranggotakan 15 orang.

Ketua Dewan Penasihat Majelis Talim AL Hasanah Kota Bandung, Hj Nani Dada Rosada berharap, Al Barjanji bisa semakin besar manfaatnya menjadi media dakwah dan ukhuwah Islamiyah yang menyejukan. " Seni Al Barjanji benar-benar telah semakin dikenal dan diminati masyarakat terutama dikalangan jamaah majelis talim,".

Menurutnya, Al Barjanji merupakan seni suara yang mengungkapkan ucapan syukur maupun puji-pujian terhadap Allah SWT, Rosulullah dan alam semesta. Syair-syairnya mampu mengungkapkan fakta kehidupan masa kini sekaligus mengajak masyarakat pada ketataan atas nilai-nilai agama.

Dirinya sangat bangga, kelompok Al Barjanji di Kota Bandung semakin berkembang. Pertumbuhan ini menurutnya sangat berkait erat dengan perluasan wawasan ke Islaman dan implementasi nilai-nilai Islam secara konsisten.

"Jangan memandang seni Al barjanji hanya pada aspek hiburannya saja, tapi harus pada aspek dakwahnya. Syair barjanji adalah inti dari kegiatan dakwahnya yang harus mendorong masyarakat mengapresiasi dalam bentuk perilaku. Lomba Al Barjanji ini bias didayagunakan menjadi ekspresi yang kaya dengan nilai dan tuntunan," ujarnya sekaligus  mengajak peserta mampu menggali ide dan gagasan dalam syair Al Barjanji.

Al Barjanji sebagai pengungkapan rasa syukur atas ke Maha Kuasaan, ke Maha Besaran Allah SWT dan kecintaan kepada Rasul, dikatakan Dada, syair-syair indahnya dapat membangun pribadi yang taqwa dan tawadlu. "Lomba Al Barjanji memiliki dimensi luas dalam membentuk tradisi syukur kepada Allah SWT, kecintaan kepada Rasullullah, agama dan berbagai nikmat hidup dan kehidupan yang kita cintai,".

Syair Al Barjanji dikatakan Dada, banyak juga yang berbentuk cerita yang penuh makna. Al Barjanji sering di lakukan dan dilantunkan pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW bahkan selamatan orang yang hendak bepergian  menunaikan ibadah haji. "Rangkaian cerita ini mendorong umat agar selalu ingat kepada seluruh kewajiban dan larangan dalam menjalankan syariat agama. Karenanya harus terus ditumbuh kembangkan," ujarnya sekaligus mengapresiasi Majelis Talim Al Hasanah yang sudah mengembangkannya.

Dada menandaskan, kebijakan pembangunan Kota Bandung mendudukan agama sebagai landasan dan bingkai. Dimaksudkan agar agama selalu menjadi inspirasi dari segala ikhtiar, mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan warga Bandung. "Pembangunan Agama merupakan satu dari 7 agenda prioritas, penerapannya harus menghasilkan suatu keadaan, dimana masyarakat Kota Bandung memiliki keagamaan yang mantap dan benar-benar agamis,".(www.bandung.go.id)