Wali Kota Bandung Resmikan Masjid Al Wahab

  Wali Kota Bandung H Dada Rosada didampingi sejumlah pejabat publik di lingkungan Pemkot Bandung, meresmikan selesainya pembangunan Masjid Al Wahab, RW 10 Kom

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:35
Wali Kota Bandung Resmikan Masjid Al Wahab
Wali Kota Bandung Resmikan Masjid Al Wahab

 

Wali Kota Bandung H Dada Rosada didampingi sejumlah pejabat publik di lingkungan Pemkot Bandung, meresmikan selesainya pembangunan Masjid Al Wahab, RW 10 Kompleks Margahayu Raya, Jalan Saturnus Utara Kelurahan Manjahlega Kecamatan Rancasari Bandung, Jumat (03/07/09).

Ketua panitia pembangunan masjid, Drs H Ibrahim Samanta mengatakan, sebelumnya Al Wahab berukuran 17 X 7 meter. Dengan meningkatnya jamaah masjid, terutama ketika ibadah shalat Jum'at, meluber hingga keluar halaman, sehingga diputuskan untuk dikembangkan bahkan rehab total.

Al Wahab dibangun diatas tanah waqaf dan telah bersertifikat waqaf ini, dibangun 2 lantai, berukuran 17 X 13 meter yang dapat menampung 1.000 orang jama'ah. Arsitektur bangunan, berscirikan campuran antara Timur Tengah dan Eropa. Pembangunan dilaksanakan selama 25 bulan sejak 13 Mei 2007. Menghabiskan dana Rp. 813 juta, diperoleh dari infaq, shodaqoh dan zakat jama'ah masjid,  masyarakat serta bantuan APBD Propinsi Jawa Barat dan Pemkot Bandung.

Masjid ini yang dikelola Yayasan Al Wahab, dalam program dan kiprahnya, telah mengembangkan 8 bidang garapan. Diantaranya Taman Pendidikan Al Qur'an plus, bantuan hukum dan pengembangan ekonomi umat dalam bentuk koperasi. "Secara keseluruhan sebenarnya belum selesai,. Baru 80 persen karena masih menyisakan pekerjaan pemasangan kaca-kaca jendela, kubah di kanan-kiri dan beberapa pemasangan batu pualam," tutur Ibrahim.

Wali Kota Bandung H Dada Rosada yang juga berkesempatan shalat Jumat berjamaah mengatakan, keberadaan masjid yang luas, besar dan mampu menampung jama'ah, adalah indikator semakin meningkatnya keimanan dan ketaqwaan umat Islam. Tinggal bagaimana memakmurkan melalui berbagai aktifitas masjid termasuk membangun ekonomi umat. "Untuk kekurangan penyelesaian akhir, melalui Camat saya akan bantu Rp. 50 juta. Lebih cepat masjid ini selesai, itu lebih baik,".

Dada percaya, peningkatan kualitas prasarana dan sarana Masjid Al Wahab, bukan hanya sekedar memenuhi kebutuhan sarana peribadatan, tetapi lebih bisa memberi harapan berkembangnya potensi-potensi umat yang bisa menopang perwujudan visi dan misi Bandung kota jasa bermartabat yang  agamis.

Sementara itu terkait Pemilyu Presiden, tokoh masyarakat  setempat H Nanat Fatah Abdul Nasir dalam khotbahnya menyerukan, umat Islam khususnya jamaah masjid Al Wahab untuk menggunakan hak politiknya sebaik-baiknya, tidak golput. Islam ditandaskannya mewajibkan umatnya untuk memilih seorang pemimpin. "Jika umat Islam keluar rumah bertiga untuk bepergian, hendaknya tentukan siapa yang akan memimpin. Apalagi ini sebuah negara dengan lebih dari 200 juta penduduk. Pilihlah pemimpin yang amanah, kuat agama dan ibadahnya,". (www.bandung.go.id)