Penghargaan Pramuka

Cibubur, Walikota Bandung, Dada Rosada memperoleh Tanda Penghargaan Lencana Melati dari Ketua Kwartir Nasional, Azrul Azwar, atas jasanya yang cukup besar bagi

Hari Sabtu, 13 Agustus 2016 09:35
Penghargaan Pramuka
Penghargaan Pramuka

Walikota Bandung menerima Penghargaan dari Presiden RI

Cibubur, Walikota Bandung, Dada Rosada memperoleh Tanda Penghargaan Lencana Melati dari Ketua Kwartir Nasional, Azrul Azwar, atas jasanya yang cukup besar bagi Gerakan Pramuka. Penghargaan diserahkan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, dalam acara puncak peringatan Hari Pramuka Ke 48, di Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (14/8).

Sebagai Ketua Majelis Pembina Cabang Gerakan Pramuka (Mabicab) Kota Bandung, Dada dinilai cukup berhasil dalam membangun dan memajukan Gerakan Pramuka di Kota Bandung.

Kepada wartawan usai menerima penghargaan, Dada mengaku sangat bersyukur. Penghargaan itu dinilainya sebagai pendorong baginya untuk memberikan kontribusi yang lebih bagi Gerakan Pramuka di Kota Bandung.

"Kita sudah berikan kontribusi yang cukup besar, baik dari sisi anggaran maupun bantuan dalam bentuk lainya," ujar Dada.

Gerakan Pramuka sendiri lanjutnya, sudah memberikan kontribusi yang cukup besar juga bagi pembangunan di Kota Bandung. Terutama dalam mendukung 7 program prioritas.


Bantu Anggaran

Sementara itu, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selaku Ketua Majelis Pembina Nasional (Mabinas) Gerakan Pramuka, menginstruksikan kepada seluruh instansi pemerintahan, termasuk para pejabat untuk membantu fasilitasi gerakan Pramuka. Bantuan tidak hanya dari sisi anggaran, tapi juga bantuan lain sehingga Pramuka terus berkembang dikemudian hari.

"Gerakan Pramuka setelah direvitalisasi, berkembang lebih baik. Gerakan ini penting, dan akan semakin penting dimasa yang akan datang. Karena itulah, saya minta instansi pemerintahan termasuk para pejabat untuk terus membantu gerakan ini," harap Presiden.

Gerakan Pramuka, kata Presiden, sangat penting karena menjadi media untuk mempersatukan bangsa. Karena menurutnya, persatuan lah yang bisa menjadikan Bangsa Indonesia bangkit.

"Sebagai bangsa kita harus bersatu, bangkit dan maju untuk hari esok yang lebih baik. Karena hanya dengan persatuan kita bisa bangkit," tandas Presiden.

Terkait bantuan dana untuk Gerakan Pramuka di Kota Bandung, Dada menyatakan Pemkot Bandung sudah memberikannya. Bahkan melihat trennya, bantuan anggaran cenderung naik. "Tahun 2008 kita beri bantuan Rp 1,5 miliar dan tahun ini kita kasih Rp 2,5 miliar," terang Dada.

Anggaran tersebut, ujar Dada, dipergunakan untuk berbagai kegiatan Gerakan Pramuka. Mulai dari bakti sosial, kegiatan pelatihan, kursus kepemimpinan dan berbagai kegiatan lingkungan. "Selain bantuan anggaran, kita juga berikan bantuan lainnya berupa bantuan fasilitas untuk kegiatan mereka," katanya seraya berharap, dengan segala fasilitas yang diberikan, Gerakan Pramuka di Kota Bandung bisa semakin lebih baik. (www.bandung.go.id)