Pemkot Bandung Rencanakan Bangun Pasar dari APBD Murni

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung ke depan melalui Perusahaan Daerah (PD) Pasar Bermartabat merencanakan akan membangun pasar-pasar tradisonal yang dibiayai Ang

Hari Sabtu, 13 Agustus 2016 09:36
Pemkot Bandung Rencanakan Bangun Pasar dari APBD Murni
Pemkot Bandung Rencanakan Bangun Pasar dari APBD Murni

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung ke depan melalui Perusahaan Daerah (PD) Pasar Bermartabat merencanakan akan membangun pasar-pasar tradisonal yang dibiayai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sendiri. Pembangunan merupakan revitalisasi pasar-pasar tradisonal yang sudah ada.

“Saya sudah bincang-bincang dengan Pak Wali dan Ketua Dewan, minimal di APBD 2010 kita mampu merevitalisasi pasar tradisonal dengan kemampuan APBD sendiri dengan nominal antara 15 sampai 20 milyar. Sasarannya pasar-pasar kecil saja dulu, diantaranya pasar Cijerah, Cihaurgeulis, Kiaracondong lalu Kordon,” kata Direktur Utama (Dirut) PD. Pasar Bermartabat, H. Doddy Suryadi disela kegiatan kunjungan ke Pasar Gading Kota Solo, Jumat (19/10/09).

Revitalisasi dikatakan Doddy, dimaksudkan untuk meningkatkan daya saing pasar tradisonal terhadap pasar modern. Konsepnya, ruang dagang harus sehat, bersih, nyaman bagi pedagang dan pembeli juga tidak memacetkan lalulintas kendaraan sekitarnya. “Kalau ini dibiayai APBD, saya rasa mereka tidak akan menolak apalagi digratiskan. Satu pasar kita anggarkan masing-masing antara 7 sampai 8 milyar. Persoalannya ada pengembang yang mau atau tidak,”.

“Apa yang bisa dilakukan Pemkot Solo terhadap Pasar Gading, di Kota Bandung juga bisa diterapkan. Kenapa tidak, tinggal tergantung ketersediaan dana. Terpenting kita jangan mendahulukan beraspa besarnya PAD yang didapat tapi melihat dari segi pelayanan terhadap masyarakatnya. Jangan dihitung nilai profitnya tetapi nilai pelayanannya untuk kepentingan masyarakat,” imbuhnya.

Bicara soal dana yang dibutuhkan untuk investasi sebuah pasar, Doddy menyatakan, besarannya sangat tergantung dari luas pasar, konstruksi bangunan 2 atau 3 lantai. Kalau pasar-pasar kecil seperti Cihaurgeulis di Jalan Surapati atau Kordon, menurutnya tidak lebih dari Rp 10 milyar. “Kita akan dahulukan pasar-pasar kecil dahulu, terutama yang masyarakat pedagangnya banyak”, ujarnya.