Lampiran Penjelasan Logo D

  Assalammuallaikum Wr Wb. Bandung telah lama mendapatkan berbagai macam julukan, hal itu menunjukan keindahan kota Bandung seperti Parijs Van Java, Bandung

Hari Sabtu, 13 Agustus 2016 09:36
Lampiran Penjelasan Logo D
Lampiran Penjelasan Logo D

 

Assalammuallaikum Wr Wb.

Bandung telah lama mendapatkan berbagai macam julukan, hal itu menunjukan keindahan kota Bandung seperti Parijs Van Java, Bandung Kota Kembang dan banyak lagi yang berkaitan dengan keindahan dan keasrian kota serta sejarah yang pernah terjadi di kota Bandung seperti pertemuan yang bersejarah bagi bangsa Indonesia dan negara di kawasan Asia Afrika yaitu konferensi Asia Afrika yang membuktikan secara tidak langsung Bandung kota yang aman dan bisa mewakili kegiatan Internasional pada saat itu, disamping kemegahan gedung-gedung yang sampai saat ini masih berdiri kokoh di sekitar kota, menjadi saksi sejarah dan menambah sensasi seperti merasakan kembali ke masa lalu, serta kesan yang mendalam dan tak terlupakan.

 

Logo yang terinspirasi dari icon baru kota Bandung “jembatan layang Pasopati”.

Jembatan layang yang indah dan artistik serta mempunyai ciri khas yaitu juntaian kabel-kabel dari tiang utama yang berfungsi menahan hamparan jembatan. Dengan menggabungkan unsur jembatan dengan angka 200 sebagai simbol hari jadi kota Bandung dan jembatan menuju kemajuan kota Bandung tercinta.

Logo angka 200 dengan jembatan layang pasopati mengartikan pada hari jadi kota Bandung yang ke 200th menjadi kota yang lebih maju, bermartabat dan memberikan kenangan indah bagi siapapun yang berkunjung ke kota Bandung.

Sekarang ini kota Bandung terkenal dengan kota wisata belanja dan kuliner ditambah dengan kehadiran icon baru kota Bandung yaitu jembatan pasopati. Menandakan sejarah yang pernah ada di kota Bandung di jembatani dengan kota yang semakin maju dan dinamis disamping masyarakat agamis, ramah dan bersahabat.

Arti logo 200 TH kota Bandung :

1.      Angka 200 menyimpulkan umur kota Bandung yang telah 200th.

2.      Angka 200 disimbolkan seperti kabel-kabel yang menjuntai dari tiang utama yang menahan hamparan jembatan menggambarkan umur 200th kota Bandung semakin maju dan siap menghadapi segala tantangan ke depan.

3.      Tema logo : Bandung Go Green di maksudkan memberikan semangat dan motivasi untuk mengembalikan kejayaan kota Bandung di masa lampau sebagai Parijs Van Java atau Bandung Kota Kembang yang Asri.

4.      (Bdg Go Green) yang saling terkoneksi dari huruf satu ke huruf lain. Menggambarkan saling keterkaitan satu sama lainnya.

5.      Makna setiap warna diilhami dari warna lambang kota Bandung serta bendera kota Bandung:

-          Kuning / gold        : kesejahteraan, kebahagiaan, kenyamanan, kecerdasan.

o  Disimbolkan pada logo di hamparan jembatan dan huruf O

-          Hijau / Green         : kemakmuran, alam, ketenangan, harmoni, kesegaran.

o  Disimbolkan pada logo di kepala angka 2 serta angka 0 ditengah dan huruf “reen”.

-          Biru / Blue             : perdamaian, kesetiaan, kehormatan, kepercayaan

o  Disimbolkan pada logo di kaki angka 2 serta angka 0 di belakang dan huruf “bd”.

-          Merah / red            : keberanian, kegembiraan, kecepatan, kekuatan, tekad

o  Disimbolkan pada logo di tiang penopang jembatan dan huruf “g”.

6.      Logo ini mempunyai makna :

-          Jembatan yang menghubungkan antar sejarah masa lampau dengan kemajuan masa kini, jembatan yang menanjak ke atas yang mempunyai arti baha kota Bandung akan terus mengalami kemajuan di segala bidang, masyarakatnya bertambah sejahtera, kotanya damai, aman, asri, tenang dan harmoni, serta ditopang dengan pemerintahannya yang berani, jujur, amanah, mempunyai ketegasan, kewibawaan serta tekad untuk menjadikan kota Bandung kota yang maju, ramah, makmur, harmoni antara kemajuan kota dengan penghijauan di sekitarnya dan kesejahteraan bagi semua masyarakat dan kesan yang bersahabat bagi siapapun yang mengunjunginya.

Selamat Hari Jadi Kota Bandung yang Tercinta ke 200th. Semoga bertambah maju, makmur dan jaya.

Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamuallaikum Wr Wb.