Gibas Harus Dapat Menjadi Perekat Integrasi Sosial Masyarakat

Penyelenggaraan Musyawarah Besar (Mubes) I Gabungan  Inisiatif  Barisan Anak Siliwangi (Gibas) diharapkan secara internal mampu menjadi ajang konsolidasi untu

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:33
Gibas Harus Dapat Menjadi  Perekat Integrasi Sosial Masyarakat
Gibas Harus Dapat Menjadi Perekat Integrasi Sosial Masyarakat

Penyelenggaraan Musyawarah Besar (Mubes) I Gabungan  Inisiatif  Barisan Anak Siliwangi (Gibas) diharapkan secara internal mampu menjadi ajang konsolidasi untuk membangkitkan kembali kebanggan dan kesadaran berorganisasi di kalangan anggota ormas Gibas.

“Mampu merumuskan program umum dan kepengurusan DPP yang baru. Serta secara eksternal juga menjadi pendorong revitalisasi peran dan semangat ormas Gibas, dalam  memberikan sumbangsihnya terhadap pembangunan Jawa Barat pada khususnya dan pembangunan nasional pada umumnya,”kata Gubernut Jawa Barat Drs.H. Danny Setiawan saat membuka  Musyawarah Besar (Mubes) I Gibas di Savoi Homann Hotel Bandung, Senin (7/5/07) Dihadiri Ketua DPRD Jawa Barat Drs.H.M.A Ruslan, pimpinan Ormas, OKP dan undangan lainnya, termasuk pendiri olahraga Tarung Derajat H. Ahmad Drajat alias Aa Boxer.

Dikatakan Gubernur,  untuk dapat menjalankan pembangunan di bidang apa pun mutlak dibutuhkan keamanan, ketentraman dan ketertiban serta suasana yang kondusif dan damai. Untuk mengawal prososes ini, katanya, tentunya dibutuhkan peran serta masyarakat untuk menjaga suasana kondusifitas daerah, termasuk di dalamnya  agenda pelaksanaan Pilkada 2008 nanti.

“Karenanya saya minta dukungan seluruh komponen masyarakat Jawa Barat termasuk di dalamnya Gibas, agar dapat berperan aktif mensukseskan pelaksanaan Pilkada secara langsung  agar berjalan aman, tertib, lancar serta mampu menghasilkan pemimpin pemimpin daerah yang akseptabel. Yaitu memiliki kemampuan untuk menggerakkan roda pemerintahan dan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”harap Danny.

Sesuai dengan moto Gibas yang cinta Damai, lanjut Danny, dirinya, berharap Ormas Gibas benar-benar dapat menjadi unsur perekat integrasi sosial masyarakat yang biasanya cenderung terpecah belah terbawa suasana revitalisasi antar kontestan, kendati hal tersebut merupakan hal yang lumrah.

“Saya berharap pula, semangat cinta damai dan trilogi juang “ngaja lembur, akur jeung dulur, panceg dina galur, -- dapat benar-benar dihayati dan diamalkan oleh seluruh warga ormas Gibas. Bahkan dapat disebarluaskan keada seluruh komponen masyarakat lainnya,”masih kata Danny, seraya mengatakan kekuatan yang besar hanya akan terbangun jika hidup bersatu padu, hirup rukun sauyunan, rempug jukung babarengan.

Sementara itu Ketua  Ketua Umum DPP Gibas, Syuhaya Djati Prakarsa, kepada wartawan mengatakan, sebenarnya Mubes I Gibas sudah harus dilaksankanakan satu tahun yang lalu. “Tapi, ada beberapa hal yang perlu dibenahi, sehingga baru terlaksanana sekarang,”katanya.

Menurut Syuhaya, pelaksanaan Mubes saat ini bukan merupakan acara seremonial lima tahun  belaka. Melainkan sebuah landasan acuan kebangkitan Gibas dari keterpurukan yang selama ini menyelimuti Gibas.

Selain itu, Syuhaya juga mengharapkan ekssitensi Ormas Gibas bukan hanya mendapat legitimasi dari pemerintah saja, namun juga  respon dari masyarakat sendiri.

“Untuk itu, sudah saatnya Gibas menunjukkan eksistensinya dengan melakukan karya nyata yang dapat bermanfaat baik untuk anggotanya, masyarakat serta bangsa dan negara,”ucap Syuhaya.

Terkait dengan pelaksanaan Pilkada yang akan berlangsung tahun 2008 mendatang, Gibas kata Syuhaya, tidak akan memihak kepada calon mana pun.

“Kita bukan partai politik. Jadi, tidak ada calon mencalon. Tuga Gibas adalah membuat pelaksanaan Pilkada berjalan lancar, tertib dan aman. Yang berani melakukan kekacauan tentunya akan berhadapan dengan Gibas, yang jelas sangat-sangat mencintai damai,” tegas Syuhaya.

Soal dicalonkan jadi kembali jadi Ketua DPP Gibas, Syuhaya dengan santai menjawab.  “Insya Allah. Kalau dipercaya dan diberi amanat lagi, saya akan berupaya menjalakan kepercayaan itu dengan sebaik-baiknya. Tentunya, dengan harapan adanya dukungan semua pihak, khususnya dari anggota Gibas sendiri,”katanya.  (www.bandung.go.id)