Berita

Wakil Wali Kota Bandung Jenguk Raditiya

Disela kesibukannya Wakil Wali Kota Bandung, Oded M Danial masih menyempatkan diri untuk menjenguk salah seorang anak di Gg. Babakan Cikutra No. 4 RT 01 RW 04

Miftah Kamis, 07 September 2017 16:43
Wakil Wali Kota Bandung Jenguk Raditiya
Wakil Wali Kota Bandung Jenguk Raditiya

Disela kesibukannya Wakil Wali Kota Bandung, Oded M Danial masih menyempatkan diri untuk menjenguk salah seorang anak di Gg. Babakan Cikutra No. 4 RT 01 RW 04 Kelurahan Neglasari Kecamatan Cibeunying Kaler, Rabu (06/09/2017).

Anak tersebut bernama Raditiya Dijaya (7) sejak setahun terakhir di diagnosa mengidap penyakit Lupus, penyakit inflamasi kronis yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang keliru sehingga mulai menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri.

Anak dari pasangan Nadi Sukmadijaya dan Atikah Khodijah keadaannya kini kurus kering hanya kulit membalut tulang karena berat badannya terus menyusut sejak setahun terakhir.

Kedatangan Oded menjenguk Raditiya karena khawatir setelah mendengar adanya informasi anak tersebut hanya dirawat dirumah tidak dirawat di rumah sakit karena penuhnya ruang inap.

"Ketika mendengar ada informasi ada seorang anak menderita kelainan Lupus dan komplikasi penyakit lain, saya segera datang karena mendengar informasi di rumah sakit lain penuh," ujar Oded usai kunjungannya.

Lebih lanjut dikatakannya, "Saya segera rekomendasikan agar  segera ditangani, saya perintahkan kepala dinas kesehatan ini segera dirawat dan langsung dibawa ke RSUD Ujungberung."

Raditiya sejak kecil tinggal bersama kakek neneknya di rumah yang sempit namun beberapa hari lalu kakeknya meninggal, ia telah beberapa kali dirawat di rumah sakit karena kesehatannya terus menurun drastis, diagnosa terakhir Raditiya divonis menderita penyakit Lupus.

Usai kunjungan Wakil Wali Kota Bandung, Dinas Kesehatan Kota Bandung langsung membawa Raditiya ke RSUD Ujungberung untuk ditangani lebih lanjut.

 

Lupus - Penyakit Autoimun

 

Penyakit autoimun adalah istilah yang digunakan saat sistem imunitas atau kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuhnya sendiri. Penyebab kondisi autoimun pada lupus belum diketahui. Sistem kekebalan tubuh penderita lupus akan menyerang sel, jaringan, dan organ yang sehat, penyakit ini memang tidak menular, tapi bisa berbahaya dan bahkan berpotensi mematikan.

Lupus kerap dijuluki sebagai penyakit seribu wajah karena kelihaiannya dalam meniru gejala penyakit lain. Kesulitan diagnosis biasanya dapat menyebabkan langkah penanganan yang kurang tepat.