Berita

KOTA BANDUNG SALAH SATU KOTA YANG AKAN MEWAKILI PROVINSI JAWA BARAT DI TINGKAT NASIONAL DALAM KEGIATAN HKG PKK DAN BBGRM

Kedatangan Tim Verifikasi Jawa Barat pada kegiatan Verifikasi/Recheking 10 Program Pokok PKK dan 5 Lomba dalam Rangka Hari Kesatuan Gerak Pembinaan Kesejahteraa

Miftah Senin, 06 November 2017 15:47
KOTA BANDUNG SALAH SATU KOTA YANG AKAN MEWAKILI PROVINSI JAWA BARAT DI TINGKAT NASIONAL DALAM KEGIATAN HKG PKK DAN BBGRM
KOTA BANDUNG SALAH SATU KOTA YANG AKAN MEWAKILI PROVINSI JAWA BARAT DI TINGKAT NASIONAL DALAM KEGIATAN HKG PKK DAN BBGRM

Kedatangan Tim Verifikasi Jawa Barat pada kegiatan Verifikasi/Recheking 10 Program Pokok PKK dan 5 Lomba dalam Rangka Hari Kesatuan Gerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat Tingkat Provinsi Jawa Barat disambut langsung oleh Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial dan Ketua TP PKK Kota Bandung Ataia Ridwan Kamil serta Wakil Ketua I TP PKK Kota Bandung Siti Muntahmah Oded MD.

Kedatangan tim verifikasi/recheking diterima di kantor Kelurahan Geger Kalong Kecamatan Sukasari Kota Bandung, Kamis (2/11/2017).

Dalam kesempatannya Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial menyampaikan, gerakan PKK memiliki peran yang sangat penting salam pelaksanaan pembangunan. Dengan kader dan pelaksanaan yang baik, maka PKK sebagian garda terdepan memajukan pembangunan kota Bandung.

"Kader PKK ini menjadi inspirasi buat kita, dibuktikan adanya pergerakan di masyarakat dalam rangka kolaborasi antar masyarakat, baik PKK dan tokoh masyarakat dengan regulasi pemerintah kota Bandung,"ujarnya.

Ditambahkan Oded, sebagai Pemerintah berupaya meningkatkan fungsi dan peran masyarakat. Salah satunya dengan program Inovasi. Sepeti halnya Pemberdayaan kelembagaan, bukan hanya PKK saja yang turut serta, tetapi Pemkot berupaya agar elemen masyarakat lainnya bisa bergerak dan memajukan pembangunan.

Seperti LPM, Karang Taruna maupun RW diberikan anggaran oleh pemerintah dalam bentuk Program PIPPK (Program Inovasi Pembangunan Pemberdayaan Kewilayahan). Hal tersebut sampai saat ini berjalan baik karena anggaran yang diberikan bisa digunakan untuk kepentingan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

"Setiap kewilayah kami berikan kebebasan untuk berinovasi, yang terpenting anggaran tersebut membuahkan hasil yang bermanfaat bagi masyarakat,"jelas Oded.

Dirinya berharap kedatangan tim verifikasi tingkat provinsi Jawa Barat bisa memberikan nilai yang memuaskan untuk Kota Bandung.

"Insyaallah apa yang kita lakukan dengan gotong royong akan memberikan hasil yang memuaskan. Mudah mudahan kota Bandung menjadi juara,"ujar Oded.

Sementara itu menurut, Ketua Tim Verifikasi  provinsi Jawa Barat Euis Sutrisno menyampaikan, Terkait pelaksanaan verifikasi dan recheking, dirinya telah melaksanakan monitoring dan penilaian lima lomba ke seluruh kabupaten di Jabar.

Menurut Euis, dari monev (monitoring dan evaluasi) ini seluruhnya melaksanakan dengan baik dan inovasinya pun beraneka ragam.

"Kami harap PKK kota Bandung terus lakukan pembinaan kepada kelurahan atau kewilayah agar hasilnya memuaskan,"ujarnya.

Ditambahkan Euis, dari hasil verifikasi akan dilanjutkan dengan penilaian setiap daerah. Untuk melanjutkan ke tingkat nasional akan dipilih 4 daerah dan juara pertamanya akan mewakili Provinsi Jawa Barat untuk melanjutkan perlombaan di tingkat nasional.

"Untuk kota Bandung termasuk sebagian dari 4 kota yang akan mewakili tingkat nasional, maka dari itu kita berikan yang terbaik, agar yang diharapkan kita semua menjadi juara,"tuturnya.

Ditambahkan Euis, adapun penilaian meliputi Fokus kegiatan administrasi PKK, pola asuh anak remaja dan usaha peningkatan pendapatan keluarga.

"Ini merupakan salah satu penilaian yang perlu dimaksimalkan oleh setiap PKK,"tutur Euis.

Dirinya pun mengapresiasi kepada Kepala Daerah yang telah memberikan bimbingan ataupun pembinaan untuk kader kader PKK.

"Hal ini membuktikan bahwa kepala daerah bersinergi dengan kader PKK maupun unsur masyarakat dengan memberikan inovasi yang lebih baik,"pungkasnya.

Usai memberikan sambutan, dilanjutkan dengan wawancara mengenai 10 program PKK dan penjelasan setiap pokok - pokok kerja yang meliputi pola asuh anak, kesehatan balita, konseling remaja, pos pelayanan ibu dan anak dan pola asuh anak remaja dan sebagainya.