Berita

BANDUNG KOTA PERTAMA YANG MELAKUKAN PELEPASAN BURUNG JALAK KERBAU

Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil melepas 40 ekor burung Jalak Kerbau/Javan Myna di Kebun Binatang Bandung, Sabtu (17/11/2017). Sebelumnya, kang Emil sapaan

Miftah Senin, 20 November 2017 15:00
BANDUNG KOTA PERTAMA YANG MELAKUKAN PELEPASAN BURUNG JALAK KERBAU
BANDUNG KOTA PERTAMA YANG MELAKUKAN PELEPASAN BURUNG JALAK KERBAU

Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil melepas 40 ekor burung Jalak Kerbau/Javan Myna di Kebun Binatang Bandung, Sabtu (17/11/2017).

Sebelumnya, kang Emil sapaan akrab Wali Kota Bandung meninjau kandang binatang sekaligus memberikan nama untuk anak orang utan betina yaitu Cinta lestari. Menurutnya arti nama tersebut memiliki makna, dengan Cinta bumi ini pasti Lestari.

Lanjut dalam kesempatan tersebut Emil menyampaikan mengenai pelepasan burung Jalak Kerbau, menurutnya wilayah di kota Bandung merupakan wilayah yang ekologis dan cocok untuk ditempati oleh hewan khususnya burung.

"Kota Bandung ini wilayah yang ekologis, apalagi di kawasan Taman Sari yang udaranya lebih sejuk dan sering dihuni oleh beberapa burung. Maka dari itu kita lepaskan 40 burung untuk lebih beradaptasi dan mandiri dalam mencari makan,"ujar Emil.

Usai melepas burung Jalak Kerbau, lanjut dengan meresmikan Kandang Gajah di kawasan Kebun Binatang Bandung. Dirinya menyampaikan, kandang gajah yang dilihat saat ini lebih bersih dan tertata dengan baik.

Dengan luas kandang yang cukup besar, maka Gajah pun akan lebih leluasa tinggal dan bergerak setiap harinya.

Menurutnya, Kebun Binatang Bandung saat ini lebih tertata dan menunjukkan perkembangan yang lebih baik.

Dirinya berpesan, ada tiga hal yang menjadi kunci kebun bintang yang baik. Pertama adalah jadikan kebun binatang lebih profesional, gunakan area tersebut menjadi area piknik untuk warga, dan manfaatkan sebaik mungkin  jika ada lahan yang kosong, jadikan tempat yang bermanfaat, salah satunya taman bunga.

"Dengan tujuan demikian, insyaallah kebun binatang Bandung menjadi kebun binatang profesional. Jika hal tersebut hadir, maka tempat ini sering dikunjungi oleh wisatawan,"tuturnya.

Sementara itu menurut Ketua Pelaksana pelepasan Burung Kerbau sekaligus ketua Taman Safari Indonesia Tomy Sumampau menyampaikan, Tujuan pelepasan burung agar burung dalam kandang bisa mendapatkan sumber pakan di luar. Sehingga jika burung burung tersebut tidak balik lagi, maka bisa dikatakan mereka sudah mandiri dan bisa mencari pakan sendiri.

Lanjutnya, sebelum dilepas liarkan, ada simulasi lebih dari 6 bulan dilakukan untuk simulasi yang namanya soft release.

"Simulasi tersebut dilakukan selama 6 bulan, jadi kandaing dibuka dari pagi sampai sore hari. Dan didata dahulu berapa burung yang keluar sampai tidak balik lagi. Jika yang masih kembali lagi kandang, berarti mereka belum mandiri untuk mencari makan. Tetapi sebaliknya, jika mereka tidak balik lagi, berarti burung tersebut sudah bisa mencari makan,"jelasnya.

Ditambahkan Tomy, usia burung yang dilepas diperkirakan berusia di atas 1 tahun. Menurutnya usia satu tahun dilepas agar mempermudah gerakan dan mandiri ketika mencari pakan.

Selain pelepasan burung, di kebun binatang Bandung pun sudah merenovasi tempat pemeliharaan gajah. Kali ini gajah di kebun  binatang Bandung tidak di dirantai. Hal tersebut dilakukan agar gajah lebih leluasa bergerak.

"Saat ini gajah bisa sendiri main dan tidak ada batas oleh rantai yang mengikatnya. Jadi kami berikan kemudahan bergerak untuk gajah,"tuturnya.

Ditambahkan Tomy, di kebun binatang Bandung lebih mengedukasi dan leluasa untuk melihat aneka ragam binatang. Adanya Zoo Educated mencirikan bahwa di kebun binatang Bandung tersebut selain rekreasi, bisa mendapatkan ilmu dengan mengetahui beberapa pengetahuan mengenai binatang.