Berita

PENGURUS FORUM RW KOTA BANDUNG DIKUKUHKAN

Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil menekankan agar generasi muda harus selalu bekerja keras untuk menggapai cita-cita. Pasalnya, generasi millennial hari ini hid

Miftah Senin, 27 November 2017 15:58
PENGURUS FORUM RW KOTA BANDUNG DIKUKUHKAN
PENGURUS FORUM RW KOTA BANDUNG DIKUKUHKAN

Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil menekankan agar generasi muda harus selalu bekerja keras untuk menggapai cita-cita. Pasalnya, generasi millennial hari ini hidup di tengah dunia yang semakin kompetitif, ekstrem, dan terkadang berbahaya.

Hal itu disampaikan Ridwan dalam Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Olahraga Indonesia (IMORI) di Aula Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Sabtu (25/11/2017).

Ridwan menilai, generasi muda harus lebih cerdas dalam menghadapi tantangan global. Di tengah kencangnya arus informasi dan pesatnya perkembangan teknologi, generasi muda harus adaptif. Kendati begitu, ia menegaskan agar mereka tidak kehilangan jiwa kemanusiaan.

“Pintar saja tidak cukup kalau tidak memiliki soft skill. Lengkapi kecerdasan intelektual dengan kecerdasan sosial,” katanya.

Fenomena hari ini, lanjutnya, tak jarang teknologi bisa mengikis nilai kemanusiaan. Orang lebih senang menunjukkan peristiwa darurat di media sosial terlebih dahulu ketimbang melakukan tindakan atau memberi pertolongan.

“Teknologi bisa mendekatkan yang jauh, tapi jangan sampai menjauhkan yang dekat,” katanya.

Maka kepedulian terhadap sesama harus terus diasah. Pemerintah Kota Bandung banyak menyediakan peluang-peluang sukarelawan agar warga bisa langsung turun tangan mengatasi permasalahan kota.

“Ada kegiatan minggu Lansia setiap akhir pekan untuk mengurusi lansia-lansia yang kesepian. Pemerintah kota banyak menganggarkan biaya untuk proyek kebahagiaan,” tutur Ridwan.

Kecerdasan intelektual dan sosial juga penting untuk menjaga kondusivitas, misalnya untuk membedakan berita asli atau berita palsu yang digunakan hanya untuk menebar kebencian. Bagi Ridwan, generasi muda yang cerdas adalah mereka yang tidak mudah terprovokasi.

“Kita harus melawan berita-berita hoaks itu karena terbukti bisa menimbulkan potensi konflik dan kebencian,” ujarnya.