Berita

BINGUNG BUANG KASUR, LEMARI, HINGGA KULKAS? HUBUNGI PD KEBERSIHAN

PD Kebersihan Kota Bandung terus berupaya memberikan layanan prima. Tak hanya sampah biasa, kini PD Kebersihan Kota Bandung juga siap mengangkut sampah-sampah b

Miftah Senin, 26 Februari 2018 17:10
BINGUNG BUANG KASUR, LEMARI, HINGGA KULKAS? HUBUNGI PD KEBERSIHAN
BINGUNG BUANG KASUR, LEMARI, HINGGA KULKAS? HUBUNGI PD KEBERSIHAN

PD Kebersihan Kota Bandung terus berupaya memberikan layanan prima. Tak hanya sampah biasa, kini PD Kebersihan Kota Bandung juga siap mengangkut sampah-sampah besar.

Bahkan, PD Kebersihan siap menjemput sampah yang akan dibuang oleh warga. Mulai dari kasur, sofa,  meja, hingga lemari.  Layanan ini telah diluncurkan sejak awal tahun ini.

Untuk menjemput sampah ke rumah rumah, PD Kebersihan membagi menjadi empat wilayah agar sampah bisa terangkut dengan singkat dan cepat. Keempat wilayah tersebut yaitu wilayah operasional Bandung Barat, Bandung Selatan, Bandung Utara dan Bandung Timur.

Direktur Utama PD Kebersihan Deni Nurdyana menjelaskan, program tersebut bertujuan agar warga disiplin dalam membuang sampah terutama sampah besar, adapun sampah besar yang biasa warga laporkan di antaranya kasur, kursi, kulkas, lemari, etalase dan televisi.

"Sampai hari ini sudah ada 39 warga yang membuang sampah besar, tentunya tersebar di 4 wilayah operasional yang sudah dilayani. Jika sampah besar itu sudah diambil sama petugas dengan memakai truk maka sampah tersebut dipilah. Apakah masih layak dipakai, diperbaiki atau bahkan langsung dibuang ke TPA," tuturnya, Jumat (23/2/218).

Program ini salah satu program untuk mendukung Citarum Harum jadi masyarakat tidak lagi buang sampah ke sungai. Masyarakat bisa langsung memberikan sampah besarnya ke lokasi yang sudah ditentukan yaitu kantor wilayah operasional yang sudah tertera pada pengumuman atau bisa dijemput ke lokasi seperti sekarang dilakukan.

Lanjutnya, mengenai tarif pengambilan sampah, untuk saat ini masih gratis. Namun ke depan mungkin akan dikenakan tarif sesuai dengan jenis sampah yang dibuang.

"Tentunya harus didata terlebih dahulu atau kerjasama istilahnya. Setelah itu, akan dilakukan evaluasi setelah 3 bulan dan tidak menutup kemungkinan nanti dikenakan biaya khusus untuk menutupi bisya operasional," ujarnya.

Ditambahkan Deni , hingga 22 Februari 2018, rekapitulasi pengangkutan sampah besar wilayah bandung barat sebanyak 5 orang, bandung selatan 12 orang, bandung utara13 orang dan bandung timur 9 orang.

Adapun wilayah untuk membuang sampah,  di antaranya Jalan Surapati Nomor 126, Terminal Sadang Serang nomor 10, Jalan Pasir Impun No 48 Jalan Cicukang No 12, Jalan sekelimus Barat nomor 10, Gang kina nomor 12, Jalan Pajajaran, dan Jalan Babakan Sari nomor 64. Layanan sampah besar dibuka pada setiap hari Jumat dari pukul 08.00 WIB sampai 11.00 WIB.

Warga tidak dipungut biaya apapun jika warga menaruh sendiri sampah besar di salah satu kantor PD Kebersihan. Teknisnya, warga hanya tinggal menghubungi PD Kebersihan lewat layanan telepon 0227207889 ataupun via Twitter @pdkebersihanbdg.