Berita

PERSONEL RESCUE DISKAR PB GERAK CEPAT TANGGULANGI POHON TUMBANG

Hujan deras yang mengguyur Kota Bandung dari pukul 14.00 – 15.30 WIB membuat tim rescue Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung si

Miftah Senin, 05 Maret 2018 16:44
PERSONEL RESCUE DISKAR PB GERAK CEPAT TANGGULANGI POHON TUMBANG
PERSONEL RESCUE DISKAR PB GERAK CEPAT TANGGULANGI POHON TUMBANG

Hujan deras yang mengguyur Kota Bandung dari pukul 14.00 – 15.30 WIB membuat tim rescue Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung siaga. Personel yang sudah terlatih dengan baik tersebut siap ‘meluncur’ ke lapangan manakala terjadi bencana alam.

Begitu pula ketika terjadi pohon tumbang di Jalan R.E Martadinata (Riau) depan factory outlet Heritage sekitar pukul 14.25 WIB. Pohon tumbang tersebut menimpa 1 unit mobil Chevrolet Spin yang mengalami kerusakan bagian kaca depan dan 1 unit Toyota Calya yang mengalami kerusakan di bagian depan. Satu regu yang berjumlah lima orang personel dan satu unit mobil rescue langsung gerak cepat untuk menanggulangi pohon tumbang tersebut.

“(Pohon tumbang, red) sedang penanganan dengan cara dipotong-potong dengan menggunakan chain shaw oleh tim rescue Diskar PB dikarenakan ukuran pohon yang cukup besar,” ungkap Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Diskar PB Kota Bandung, Sihar Sitinjak saat dihubungi melalui sambungan telepon seluler, Jumat (2/3/2018) sore.

Hingga rilis ini ditulis sekitar pukul 16.50 WIB, Sihar menyebutkan, tidak ada korban jiwa akibat peristiwa pohon tumbang yang terjadi saat hujan deras disertai angin kencang tersebut.

“Laporan sementara tidak ada korban jiwa, tapi ada satu orang mengalami trauma, sedang dalam penanganan petugas,” tuturnya.

Sihar menambahkan, pohon tumbang juga terjadi di Jalan Sadang Serang dekat pasar Sadang Serang sekitar pukul 14.45 WIB, terdapat pohon beringin yang berjatuhan. Pohon tumbang pun terjadi di Jalan Moch. Toha di area SDN 008 Moch. Toha sekitar pukul 15.15 WIB.

“Untuk menanggulangi pohon tumbang di ketiga lokasi tersebut, secara keseluruhan Diskar PB menurunkan dua unit penyelamat disertai unsur bantuan dari DPKP3,” tambah dia.

Di musim hujan seperti sekarang ini, Sihar mengimbau agar masyarakat untuk menghindari berteduh di bawah pohon. Apalagi jika terjadi hujan deras disertai angin kencang.

“Dan jangan lupa, kalau ada kejadian segera laporkan. Begitupun apabila melihat ada pohon yang rawan roboh,” himbaunya.

Sementara itu, menurut data Dinas Perumahan Kawasan Permukiman, Pertanahan, dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung, terdapat tiga pohon tumbang yang terjadi saat hujan deras pada Jumat menjelang sore antara lain pohon ganitri setinggi 18-20 meter dengan diameter 60 cm di jalan Riau, pohon angsana setinggi 8-10 meter di Jalan Moch. Toha, dan pohon tumbang di Jalan Bawean yang mengenai tiang listrik.

“Sisanya ada pohon patah dahan di lima titik yakni Jalan Jamuju Lapangan Supratman, Jalan Cisangkuy, Jalan Madura, Jalan Ambon, dan Jalan BKR,” sebut Plt. Kepala DPKP3 Kota Bandung, Iming Ahmad melalui sambungan telepon seluler.

Selain penanganan jangka pendek dengan menurunkan tim ke lokasi kejadian, Iming mengatakan, DPKP3 juga memiliki program jangka panjang untuk mengantisipasi kejadian serupa apalagi di musim hujan seperti sekarang. Menurutnya, setiap hari, sejumlah personel berkeliling untuk mengatasi dahan atau batang pohon yang rapuh baik hasil dari pengaduan masyarakat maupun hasil survey lapangan tim DPKP3.

“Minimal tim kami memangkas supaya beban pohon tidak terlalu berat. Di samping itu, kami pun telah menganggarkan pengadaan sarana prasarana untuk menunjang pekerjaan tim di lapangan seperti mobil hidrolik yang sangat kami butuhkan,” ujarnya.