Berita

EFEKTIF DAN EFISIEN, PEMKOT BANDUNG TERUS KEMBANGKAN E-KATALOG

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) telah mengeluarkan inovasi berupa Katalog elektronik atau e-Katalog. Melalui e-Katalog, produk layanan

Miftah Jumat, 16 Maret 2018 15:18
EFEKTIF DAN EFISIEN, PEMKOT BANDUNG TERUS KEMBANGKAN E-KATALOG
EFEKTIF DAN EFISIEN, PEMKOT BANDUNG TERUS KEMBANGKAN E-KATALOG

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) telah mengeluarkan inovasi berupa Katalog elektronik atau e-Katalog. Melalui e-Katalog, produk layanan barang dan jasa yang bisa diakses secara online atau dalam jaringan.

Hal inilah juga yang terus dikembangkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot)  Bandung. Salah satunya ditandai dengan kontrak katalog elektronik perbaruan sub kategory lokal  berupa barang drum aspal antara  Pemkot Bandung yang diwakili Penjabat Wali Kota Bandung, Muhamad Solihin dengan Kepala Cabang PT Sadikun Chemical Indonesia, Ferry Yusiantha di Bandung Command Centre, Kamis (15/3/2018).

Solihin menyampaikan, pengembangan e-Katalog berbasis muatan  lokal yang dapat diakses melalui website LKPP (https://e-katalog.lkpp.go.id) menjadi sangat strategis dan penting untuk menghadapi berbagai tantangan dalam dunia pelelangan.

"Pengembangan katalog lokal yang didampingi oleh LKPP dan Millennium Challenge Account Indonesia (MCA-Indonesia)  ini menjadi sangat penting dan strategis karena tidak hanya dapat memangkas birokrasi pengadaan namun juga dapat mengifensi waktu dan biaya dalam proses pengadaan," kata Solihin.

Penandatangan kontrak Katalog Daerah ini bukan akhir dari pengembangan katalog daerah Kota Bandung. Ke depannya akan ada inovasi serta usaha pengembangan katalog daerah lainnya. Pengembangan katalog menjadi instrumen baru dalam proses pengadaan barang/jasa pemerintah.

"Kontrak katalog yang kita tandatangi hari ini harus menjadi pembuka sektor belanja yang lain untuk dapat turut serta dalam katalog daerah Kota Bandung," ujarnya.

Sebelumnya Kota Bandung telah menandatangani kontrak katalog daerah dalam kategori penyediaan jasa tenaga pengamanan dan jasa pelayanan kebersihan. Kategori barang drum aspal menjadi kontrak ketiga Pemkot Bandung dalam pengembangan e-Katalog di situs LKPP.