Berita

Kang Emil, Wilujeng..

 Ruang Serbaguna Balai Kota jadi serbaharu. Isak tangis mengiringi hari terakhir Kang Emil sebagai Wali Kota Bandung. Inilah acara perpisahan pejabat dengan ap

Zalfa Fauziya Rabu, 05 September 2018 11:20
Kang Emil, Wilujeng..
Kang Emil, Wilujeng..

 Ruang Serbaguna Balai Kota jadi serbaharu. Isak tangis mengiringi hari terakhir Kang Emil sebagai Wali Kota Bandung. Inilah acara perpisahan pejabat dengan aparat yang dirasa teramat berat.

Selasa (4/9/2018) sore, setelah mendapat kepastian pelantikan Gubernur Jawa Barat yang akan dilaksanakan besok, Rabu (5/9/2018), Wali Kota Bandung, M. Ridwan Kamil langsung menggelar acara perpisahan dengan para Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Bandung di Ruang Serbaguna Balai Kota.

Hampir seluruh ASN di lingkungan Pemkot hadir untuk melepas seorang pemimpin yang melahirkan berbagai inovasi itu. Para ASN tampak merasa kehilangan sosok pemimpin inovatif.

"Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Pak Wali yang telah membimbing kami. Menjadikan kami pemimpin yang punya semangat juara, dan sangat dekat dengan masyarakat," ujar Camat Gedebage, Bambang Sukardi.

Pelajaran paling penting dari kepemimpinan Ridwan Kamil, kata Bambang, adalah prinsip "zero complaint" dalam pelayanan masyarakat. Hal itulah yang membuatnya terus memperbaiki pelayanan sehingga mendapat apresiasi warganya.

Ia pun mengaku bangga pernah menjadi bagian dari perjalanan Kang Emil selama menjadi Wali Kota Bandung.

Asisten Administrasi Umum dan Kepegawaian Sekretariat Daerah Kota Bandung, Evi S. Shaleha juga merasakan hal yang sama. Ia masih ingat pesan Kang Emil saat pertama kali menjabat sebagai wali kota.

"Sejak pertemuan pertama di 2013, Bapak mengingatkan kepada para ASN untuk bekerja dengan empat poin penting. Poin tersebut yaitu kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas, yang mana itu secara istiqomah dilaksanakan sampai akhir masa jabatan," kenang Evi.

"Itu adalah mutiara yang akan kami lanjutkan, menjadi pegangan dalam bekerja. Sehingga kami bisa melakukan lebih baik," imbuhnya.

Hal yang paling membuatnya terkesan adalah perhatian Kang Emil terhadap perkembangan kapabilitas ASN Kota Bandung. Kang Emil tak segan menyekolahkan ASN sampai ke luar negeri.

Evi pun mengaku sedih kehilangan sosok Ridwan Kamil karena esok harus bertugas di tempat yang baru. Ia mendoakan agar Kang Emil sukses menjadi Gubernur Jawa Barat.

Di akhir acara perpisahan, Kang Emil memimpin doa. Ia mendoakan Kota Bandung agar senantiasa dilimpahi rahmat dan keselamatan.