Berita

Anak SD pun Harus Memiliki Pengetahuan tentang Mitigasi Bencana

Siswa didik di Kota Bandung harus memiliki pengetahuan tentang mitigasi bencana, supaya mereka bisa mengetahui apa yang harus dilakukannya jika terjadi bencana.

Zalfa Fauziya Rabu, 17 Oktober 2018 19:21
Anak SD pun Harus Memiliki Pengetahuan tentang Mitigasi Bencana
Anak SD pun Harus Memiliki Pengetahuan tentang Mitigasi Bencana

Siswa didik di Kota Bandung harus memiliki pengetahuan tentang mitigasi bencana, supaya mereka bisa mengetahui apa yang harus dilakukannya jika terjadi bencana. Pengetahuan tersebut bisa diberikan kepada siswa pada kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

Sebagai langkah awal untuk membekali siswa didik dengan pengetahuan tentang mitigasi bencana, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung menyelenggarakan Workshop Mitigasi Bencana Gempa Bumi Bagi Pembina Esktrakulikuler Sekolah Dasar (SD), di Ballroom Hotel Oasis Jalan Lombok, Rabu (17/10/2018). Workshop ini menghadirkan narasumber seorang peneliti sekaligus interpreter Geotrek Kelompok Riset Cekungan Bandung (KRCB), T. Bachtiar.

Workshop dibuka oleh Pelaksana Harian (Plh.) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Evi S. Shaleha. "Saya berharap ibu dan bapak yang hadir pada workshop ini dapat menyampaikan materi yang telah didapat dalam pelatihan. Bencana bisa terjadi kapan saja, untuk itu perlu kewaspadaan dan kesiapan kita dalam menghadapinya" ungkap Evi.

Evi mengatakan, penyampaian pengetahuan tentang mitigasi bencana bisa memanfaatkan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. "Pendidikan mitigasi bencana ini dapat diterapkan di sekolah oleh pembina esktrakulikuler di sekolah-sekolah di Kota Bandung sesuai dengan tingkatannya," katanya.

Evi berharap sekolah-sekolah dapat menyediakan waktu dan tempat supaya sosialisasi penanggulangan bencana dapat tersampaikan. "Jika memungkinkan, nanti pendidikan mitigasi bencana bisa masuk kurikulum sekolah," katanya.