Berita

Lingkaran Kebencanaan Itu Semakin Dekat

HumasBandung - Seiring berkembangnya peradaban yang semakin maju, seiring itu pula potensi kebencanaan semakin besar. Terlebih, Kota Bandung yang merupakan wil

Riza Riswanto Rabu, 13 Maret 2019 09:13
Lingkaran Kebencanaan Itu Semakin Dekat
Lingkaran Kebencanaan Itu Semakin Dekat

HumasBandung - Seiring berkembangnya peradaban yang semakin maju, seiring itu pula potensi kebencanaan semakin besar. Terlebih, Kota Bandung yang merupakan wilayah padat penduduk membuat risiko kebakaran menjadi tinggi.

Demikian dikemukakan Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Ferdi Ligaswara usai menjadi narasumber pada acara Bandung Menjawab di Taman Sejarah Balai Kota Bandung, Selasa (12/3).

Tak hanya kebakaran, kata Ferdi, potensi bencana alam pun tak kalah menanjak. Banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang adalah peristiwa yang sering terjadi akhir-akhir ini. Sejak awal 2019 ini, telah terjadi 65 kali bencana selain kebakaran. Alih fungsi lahan di berbagai tempat dan perubahan perilaku manusia memicu peristiwa tersebut.

“Di era kemajuan zaman, kita sering melupakan bahwa semakin maju negara, kota, maka semakin dekat potensi kebencanaan. Lingkaran kebencanaan itu semakin dekat, semakin kecil,” ungkap Ferdi Ligaswara.

Oleh karena itu, katanya, tugas sebagai tim penanggulangan bencana akan semakin berat dan tantangan penyelamatan akan semakin besar. Ia pun meminta agar seluruh elemen kota menaruh perhatian besar pada situasi ini.

Memperingati 100 tahun Damkar Indonesia, Diskar PB Kota Bandung berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan penyelamatan kepada seluruh warga kota. Tanpa pandang bulu, Diskar PB akan melayani permintaan warga dalam kondisi darurat.

“Prinsip kami, kami tidak ingin dilayani, tapi kamilah yang harus melayani. Jadi kita ingin melayani masyarakat, hakikatnya kita menolong,” tegasnya.

humas.bandung.go.id