News

10 FINALIS BANDUNG DATATHON 2021

    Kompetisi Bandung Datathon 2021 sudah mendekati acara puncaknya. Kira-kira ide apa saja sih yang digagas oleh ke 10 finalis Bandung Datathon 2021 ini, y

Nova Lastriana - BCC Saturday, 17 July 2021 11:23
10 FINALIS BANDUNG DATATHON 2021
10 FINALIS BANDUNG DATATHON 2021

    Kompetisi Bandung Datathon 2021 sudah mendekati acara puncaknya. Kira-kira ide apa saja sih yang digagas oleh ke 10 finalis Bandung Datathon 2021 ini, yuk kita intip selengkapnya!


1.  Tim Bala-Bala


EL3l-BDT TIM 1.png

 

Ide : Bla-Bla Radio Space - Ruang Kolaborasi Kreatif di Ranah Digital

Membangun ruang kolaborasi kreatif dan mengemas melalui tayangan-tayangan Audio dan Visual yang dapat diakses oleh semua orang tanpa batas waktu dan lokasi. Dilanjutkan dengan mengumpulkan komunitas kreatif dan UKM yang ada di Kota Bandung, sehingga dapat menjadi jembatan antara pencipta/pelaku kreatif dan penikmat kreatifitas, dan menciptakan transaksi secara komersil.

 


2. Tim Bandung Halal

 

9LwL-BDT TIM 2.png

 

Ide : Bandung Halal Tourism

Mengusung tema wisata halal Bandung, Tim dari Bandung Halal mencoba membangun kolaborasi data dan informasi dari pengunjung atau pengguna jasa wisata di Kota Bandung mengenai kualitas kenyamanan, keamanan dan ketersediaan kebutuhan wisatawan muslim.

 


3. Tim Ulin Bandung

 

ORAp-BDT TIM 3.png 


Ide : Ulin Bandung "Ulah Linglung, Hayu Ulin Ka Bandung"

Ulin Bandung merupakan sebuah sistem yang berusaha menghubungkan industri pariwisata, pemerintah, dan wisatawan dengan konsep promosi, monitoring dan kontrol. Dengan tujuan untuk membangkitkan kembali giat pariwisata di Bandung. Secara sederhana bisa dibilang Ulin Bandung merupakan travel agent online dengan konsep terbaru dengan tujuan untuk membangkitkan lagi pergerakan ekonomi dari sektor pariwisata.

 


4. Tim Create It

 

qbek-BDT TIM 4.png

 

Ide : Create It - Revolutionized Upskilling Platform

Create It adalah platform EduTech berbasis Gamified yang menyediakan peningkatan keterampilan & pembelajaran karir masa depan melalui konten pembelajaran yang disesuaikan dengan AI, kelas langsung, dan pengalaman praktis.

 


5. Tim SIPAS

 

B36x-BDT TIM 5.png 


Ide : Smart City Parking System

SIPAS adalah Start Up yang bergerak dalam otomatis pengelolaan dan pencarian lahan parkir. Saat ini SIPAS mengembangkan dua produk utama yang dapat membantu stakeholder perparkiran di Kota Bandung. Produk pertama adalah driver assistant app yang dapat digunakan pengendara Kota Bandung untuk mencari lahan parkir kosong di dekat tujuan. Produk kedua kami adalah mitra app yang berfungsi membantu jukir dalam mengelola transaksi di lahan parkirnya. Seluruh data yang digunakan SIPAS tersimpan dalam cloud computing yang dapat dipantau oleh Pemerintah Kota. Data ini dapat digunakan pemerintah untuk melakukan proyeksi retribusi dan penarikan retribusi parkir dengan lebih akurat. Selain itu sistem ini dirancang untuk membantu jukir dalam melakukan pemantauan dan enforcement untuk aturan pembayaran per jam. Sehingga dapat meningkatkan pemasukan jukir dan Pemerintah Kota.

 

6. Tim Balira

 

6zvp-BDT TIM 6.png 


Ide : Bandung Liburan Asyik

Mengusung ide di sektor pariwisata, Tim Balira mengembangkan solusi untuk meningkatkan pariwisata di saat pandemi ini khususnya hotel dan wisata lokal sekitarnya. Dengan sistem rekomendasi dari hotel dan juga sebaliknya akan mengintegrasikan seluruh pelaku usaha wisata di Kota Bandung khususnya.

 

 

7. Tim MPL Bandung Telkom University

 

3dO9-BDT TIM 7.png 


Ide : Cozy Trip x MPL Bandung

Merupakan mekanisme dan mobilisasi pengunjung untuk tempat wisata, tempat makan, restaurant dan keperluan travel, dengan fokus pada pemberian rasa nyaman, dan aman bersama keluarga di masa pandemi. Ide ini disebut dengan nama Cozy Trip yang terdiri atas mekanisme penggunaan kendaraan untuk bepergian, pemesanan atau pelayanan tempat makan, mengurangi kerumunan di tempat wisata terutama spot untuk foto, yang diintegrasikan dan diterapkan dengan aplikasi tour guide asisten.

 


8. Tim SJabar Creative

 

nneq-BDT TIM 8.png

 

Ide : RW elektronik (e-RW) / e-Village

e-RW/e-Village merupakan aplikasi yang memiliki beberapa fitur seperti e-commerce RW, Smart real-time notification RW, Chatbot untuk pelayanan RW dan yang tidak kalah penting aplikasi ini memiliki fitur lowongan kerja sehingga warga RW dapat mengetahui info lowongan kerja terkini khususnya yang tersedia dari warga RW lainnya.


 

9. Tim Komunitas Aleut

 

jLx4-BDT TIM 9.png

 

Ide : i-Walk, Self Guiding Walking Tour

Aplikasi Self Guided Walking Tour ini mengelola suatu sistem informasi yang dapat digunakan oleh siapa pun untuk melakukan tour-tour tematik yang sudah tersedia dalam aplikasi.
Dengan aplikasi ini selain melakukan self guided walking tour, pengguna juga mendapatkan informasi tentang lokasi hotel dan penginapan, restoran dan cafe, serta objek-objek pendukung pariwisata kota lainnya. Pengguna akan ditawarkan beberapa pilihan tempat yang berada di sekitar wilayah rute yang dipilih sehingga bisa menjadi salah satu cara untuk memeratakan ekonomi.

 


10. Tim Oke Garden

 

ybOm-BDT TIM 10.png 


Ide : Oke Garden

Oke Garden menyediakan katalog dan inspirasi desain yang mudah diakses, harga lebih transparan, kemudian ada dukungan QC dan garansi yang memberikan rasa aman pada pelanggan. Oke Garden juga memiliki teknologi garden calculator yang memudahkan pelanggan mendapatkan gambaran awal biaya, serta terdapat dukungan layanan live konsultasi hingga revisi. Dan tentunya di masa ini membuat taman bisa jadi lebih flexible, mudah dan cepat.

 

Nah, itulah sedikit gambaran dari ide ke 10 finalis Bandung Datathon 2021. Kalo mau tau lebih jauh tentang ide dari ke 10 finalis dan siapa yang akan jadi juara 1 di Bandung Datathon 2021, jangan lupa saksikan live finalnya di kanal youtube Open Data Bandung pada tanggal 22 Juli 2021!.