VERIFIKASI PENILAIAN KOTA SEHAT TINGKAT PUSAT TAHUN 2007

Tim verifikasi penilaian kota sehat tingkat pusat, yang berjumlah dua orang, dipimpin oleh Ir. Rahardi Pratoyo berkunjung ke ruang tengah Balaikota Bandung, Sen

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:33
VERIFIKASI PENILAIAN KOTA SEHAT TINGKAT PUSAT TAHUN 2007
VERIFIKASI PENILAIAN KOTA SEHAT TINGKAT PUSAT TAHUN 2007

Tim verifikasi penilaian kota sehat tingkat pusat, yang berjumlah dua orang, dipimpin oleh Ir. Rahardi Pratoyo berkunjung ke ruang tengah Balaikota Bandung, Senin (2/07). Hal ini berkaitan dengan keikutsertaan Kota Bandung dalam lomba kota sehat tingkat pusat. Diterima oleh Asisten Ekbang dan Kesra, Ir. Drs. Taufik Rachman MH dan Ketua TP PKK Kota Bandung, Ny. Nani  Dada Rosada serta unsur dinas terkait.

 Walikota Bandung, Dada Rosada, M.Si. dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten Ekbang dan Kesra, Ir. Drs. Taufik Rachman MH. Mengatakan bahwa pada tahun ini untuk pertama kalinya Kota Bandung ikut serta dalam penilaian lomba kota sehat tingkat pusat. Untuk itu perlu mendapatkan dukungan dari kita semua. Terlebih lagi, salah satu program prioritas Kota Bandung adalah Bandung Sehat 2007.

Sampai saat ini program Bandung Sehat 2007 sudah memperlihatkan kemajuan dan hasil yang cukup nyata. Hal ini ini bisa dilihat dari beberapa indikator diantaranya, angka harapan hidup waktu lahir pada tahun 2005 mencapai 79,27 sedangkan tahunb 2006 menjadi 79,38. untuk status gizi buruk mengalami penurunan dari 0,93 pada tahun 2005 menjadi 0,75 pada tahun 2006.

â€Bahkan upaya serius Pemkot Bandung dalam mewujudkan tatanan kota yang baik dan sehat, berhasil diaktualisasikan melalui rintisan kerjasama program sister city dengan sejumlah negara tetatngga, diantaranya dengan kota Braunscheweigh, Jerman; Fordworth Texas; Suwon Korea Selatan; Liu Zhou dan Yingkou RRC†ucapnya.

Selain itu, tim verifikasi juga akan meninjau secara langsung beberapa kawasan yang ditetapkan oleh Pemkot Bandung sebagai kawasan yang dinilai. Diantaranya untuk kawasan pariwisata sehat, kawasan Tertib Lalu Lintas dan pelayanan transportasi yaitu Dago, Asia-Afrika, dan Braga. Sedangkan kecamatan dan kelurahan yang akan dinilai adalah kecamatan Lengkong dan Kelurahan Cikawao, juga RW Sehat yaitu RW 09 kelurahan Cikawao Ujar Taufik Rachman.

 Ir. Rahardi selaku ketua Tim Verifikasi mengatakan bahwa lomba kota dan kabupaten sehat ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani masayarakat menuju Indonesia Sehat 2010. kunjungan mereka kali ini untuk melihat kenyataan yang ada di lapangan dengan yang tertulis di laporan yang mereka terima.

†Hari ini seluruh tim penilai secara serentak akan turun ke lapangan untuk melakukan verifikasi dan penilaian. Kota Bandung akan Bersaing dengan sekitar 60 kota dan kabupaten dari seluruh Indonesia yang ikut lomba kali ini. Sedangkan untuk kriteria penilaian itu sih rahasia kami tim penilai. Untuk pengumuman pemenangnya kira-kira nanti pada saat hari kesehatan pada bulan November oleh Wakil Presiden di Jakarta†kata Rahardi.

Dr. Yono selaku ketua Forum Rembug Peduli Bandung Sehat (FRPBS) dalam exposenya di hadapan tim penilai memaparkan mengenai apa itu FRPBS, Adalah wadah elemen masyarakat Kota Bandung untuk menyalurkan aspirasi dan yang peduli terhadap pemberdayaan hidup dan lingkungan sehat, untuk menciptakan,keluarga,RT, RW, Kelurahan, Kecamatan, Kota Sehat, menuju Bandung sehat 2007, Jawa barat Sehat 2008.

â€kami mempunyai fungsi diantaranya Membentuk dan membina Pokja kelurahan Sehat, Merumuskan usulan, prioritas, sasaran, perencanaan dan evaluasi perkembangan dari Kelurahan Sehat, Mengupayakan pencarian dan penyaluran sumber pembiayaan yang tidak mungkin ditanggulangi oleh Forum dan Pokja, maka diupayakan dari sumber lain, seperti LSM, Swasta, dan Pemerintah.,Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh masyarakat, pemerintah dan unsur-unsur non pemerintah agar dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien, dan Melaporkan pelaksanaan kegiatan secara periodik atau sewaktu-waktu apabila diminta kepada Walikota Bandung melalui Sekretaris Daerah†ucapnya.

â€Kegiatan yang kami laksanakan diantaranya Pembangunan Kota sehat atas dasar usulan dan kesepakatan yang berasal dari selurah warga kota, LSM, tawaran pemerintah daerah kepada masyarakat, tokoh masyarakat dan elemen masyarakat lainya, Pokja kelurahan sehat merumuskan kegiatan dalam upaya-upaya pemberdayaan masyarakat dan pemeliharaan lingkungan,yang disalurkan kepada Forum kel Sehat yang akan diteruskan ke BAPPEDA Kota melalui Camat dan tembusan ke F R P B S, Sedangkan diluar usulan tersebut disalurkan kepada sektor terkait melalui FRPBS untuk diolah dan diadvokasi dan ke BAPPEDA untuk ditindaklanjuti, Perumusan pendekatan Kota Sehat dilakukan oleh FRPBS dan Forum Kelurahan Sehat, Pelaksanaan Kota Sehat dilakukan oleh FRPBS, Forum Kelurahan Sehat,Pokja Kelurahan Sehat bersama-sama elemen masyarakat dan pemerintah, Sosialisasi tatanan dan kegitan Kota Sehat dengan memanfaatkan media masa dan bermitra dengan pihak swasta dan organisasi kemasyarakatan, dan Hasil rumusan yang diusulkan melalui BAPPEDA diteruskan kepada Satuan kerja pemerintah daerah yang terkait sebagai bahan perencanaan atau untuk ditindak lanjut, ujar Yono. (www.bandung.go.id)