Pemerintahan

Pemkot Bandung Jajaki Kerja Sama dengan Kota Daegu Korea Selatan

Pemerintah Kota Bandung berencana menjajaki kerja sama dengan Kota Daegu Korea Selatan. Kota Bandung dan Daegu memiliki banyak kesamaan sebagai kota metropolitan. Plt Waikota Yana Mulyana berharap kerja sama antara Kota Bandung dan Daegu meliputi bidang pengelolaan sampah, transportasi, dan pariwisata.

Ray Sabtu, 19 Maret 2022 01:54
img
img
img
img
img
img
img
img
Siaran Pers Diskominfo Kota Bandung 18 Maret 2022

Pemerintah Kota Bandung berencana menjajaki kerja sama dengan Kota Daegu Korea Selatan. Hal ini disampaikan dalam pertemuan dengan perwakilan Daegu di Balai Kota, Jumat 18 Maret 2022.

Dalam pertemuan tersebut, Plt. Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyambut baik kedatangan perwakilan Daegu. Menurutnya, Kota Bandung dan Daegu memiliki banyak kesamaan sebagai kota metropolitan.

“Sudah tiga kali antara Pemkot Bandung dan Daegu menjajaki kerja sama sister city. Pada dasarnya Pemerintah Kota Bandung menyambut baik,” ucap Yana.

Lebih spesifik lagi, Yana berharap kerja sama antara Kota Bandung dan Daegu meliputi bidang pengelolaan sampah, transportasi, dan pariwisata.

Jika memang sudah ada kesepahaman, Yana berharap kerja sama sister city dapat dilaksanakan.

“Kami akan terus berproses, tentunya melalui legislatif (untuk menindaklanjuti kerja sama). Semoga kerja sama ini nantinya bisa membangun Kota Bandung menjadi lebih baik,” katanya.

Sementara itu Park Sung Ho selaku perwakilan dari Daegu Jakarta menyebut Daegu punya keunggulan di bidang perairan dan juga pengolahan sampah.

Berkaca dari harapan Pemkot Bandung, Park Sung Ho menyebut kolaborasi sister city tepat untuk dilakukan.

“Kita punya beberapa teknologi.
Untuk pengolahan sampah, kita memiliki keunggulan. Bukan hanya (pengolahan) sampah sehari-hari saja, melainkan juga sampah industri,” ucapnya.

Beberapa lokasi di Korea Selatan juga disebutnya sudah memiliki kualitas dan edukasi yang baik.

“Jika nanti kerja sama sudah berlangsung, kami bisa mengajak lebih banyak pihak dari Korea Selatan (untuk berkolaborasi),” katanya. (ray)**


Kepala Diskominfo Kota Bandung

Yayan A. Brilyana